Abdul Ghoni Sambut Baik Rencana Pembangunan Rusunami

Yovie Wicaksono - 5 July 2022
Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya Abdul Ghoni Mukhlas Niam. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Abdul Ghoni Muklas Ni’am menyambut baik rencana pembangunan rumah susun sederhana milik (Rusunami).

Namun, politisi asal PDI Perjuangan ini meminta agar bangunan gedung Rusunami nantinya layak untuk ditempati dan tidak didirikan asal-asalan.

“Harus sesuai spesifikasi Rusunami pada umumnya. Kualitasnya harus terjamin dan layak ditempati masyarakat. Jangan sampai pembangunan dilakukan asal-asalan dan hasilnya jauh dari kata layak. Sebab dalam prosesnya, Pemkot melibatkan swasta,” kata Ghoni, Senin (4/7/2022).

Ia mengatakan, saat ini komisi C telah berdiskusi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya. Rusunami yang dibangun oleh Pemkot akan menggunakan skema anggaran KPBU (kerjasama pemerintah dan badan usaha) dan swasta.

Ghoni berharap pembangunan Rusunami bisa terealisasi. Terlebih akan sangat bagus bila didirikan lebih dari lima lantai. Sebab antrean warga yang mengajukan diri untuk menempati rusun atau flat terus bertambah. Tercatat, ada 10 ribu lebih pemohon yang mengajukan sejak 2011 dan belum terakomodasi.

“Kita sangat mendukung. Harapan kita dibangun bukan hanya lima lantai saja, tapi kalau bisa di atas itu. Kemarin saat kita mengkaji bersama pakar, itu bisa 20 lantai. Dengan begitu bisa menjadi solusi bagi warga yang tak memiliki hunian tetap, apalagi waiting list rusun masih 10 ribu lebih,” katanya.

Saat Rusunami tersebut berdiri, Ghoni mendorong peran aktif masyarakat untuk menjaga kondisi rusun. Menurutnya, hal ini penting diperhatikan, supaya tercipta suasana rusun yang nyaman dan asri.

“Diperlukan kedisiplinan masyarakat untuk menjaga kebersihan rusun juga. Kita harap mereka yang bertempat tinggal di rusun itu mau berperan aktif mengawal kondisi lingkungan supaya tertata dan rapi,” katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membangun rumah susun sederhana milik (Rusunami) di 9 titik lokasi mulai tahun 2023.

Pembangunan Rusunami tersebut bakal memanfaatkan lahan aset milik Pemkot untuk warga yang sudah lepas dari status masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan, 9 titik lokasi pembangunan Rusunami itu terdiri dari 31 blok. 6 lokasi Rusunami, di antaranya ada di Tambak Wedi, Menanggal, Kedung Cowek, Bulak Banteng, Gunung Anyar, dan Medokan Ayu. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.