10 Menteri Terbaik Menurut Persepsi Publik

Yovie Wicaksono - 4 February 2022

SR, Jakarta – Lembaga riset Political Weather Station (PWS) menyebutkan ada 10 Menteri atau pejabat setingkat Menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo Jilid II yang dinilai publik memiliki kinerja yang baik.

“Mereka (menteri dan pejabat) diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno,  Menteri Keuangan Sri Mulyani,  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim,  Menteri BUMN Erick Thohir,  dan KSP Moeldoko,” ujar Peneliti Senior PWS M. Tidzi AM dalam konferensi pers Hasil Survei PWS secara virtual,  Jumat (4/2/2022).

Hasil survei nasional PWS ini dilakukan pada 13 sampai 23 Januari 2022 di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei sebanyak 1421 responden dengan batas kesalahan kurang lebih 2,6% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Menurut Tidzi,  alasan menyebut menteri-menteri tersebut berkinerja baik sangat beragam. Misalnya, Sri Mulyani, disebut sebagai menteri dengan kinerja terbaik karena terbukti memperoleh banyak penghargaan di forum-forum internasional. Sedangkan munculnya nama Prabowo Subianto di posisi teratas disamping faktor objektif kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan,  juga tidak lepas dari masih loyalnya banyak pendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu pada Pilpres 2019 lalu.

“Kami juga meneliti mengenai tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.  Hasilnya,  mayoritas publik (67,8%) mengaku puas terhadap kinerja pemerintah, hanya 23,5% yang mengaku kurang atau tidak puas,  dan 8,7% menjawab tidak tahu,” kata Tidzi.

Dalam survei ini,  PWS juga meneliti perkembangan tingkat elektabilitas para tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Nama Prabowo Subianto memperoleh suara 22,9%, disusul Anies Baswedan 19,9%,  Ganjar Pranowo 19,8%. Kemudian Sandiaga Uno 8,7%, Ridwan Kamil 7,5%, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 4,1%, Erick Thohir 2,7%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,5%, Moeldoko 2,4%, Gatot Nurmantyo 1,5%, dan Mahfud MD 1,2%.

“Temuan menarik dari survei ini adalah munculnya nama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam deretan 10 besar elektabilitas capres. Karena sebagaimana diketahui keduanya ini termasuk “pendatang baru” dalam kontestasi elektabilitas,  tapi ternyata mereka mampu mengungguli elektabilitas tokoh-tokoh nasional yang sudah lama namanya muncul dalam publikasi survei seperti Puan Maharani,  Airlangga Hartarto,  Mahfud MD,  dan Muhaimin Iskandar,” kata Tidzi.

Hafizha Dwi Ulfa,  Peneliti Senior PWS mengatakan,  swing voters atau calon pemilih yang mengaku belum mantap dengan tokoh pilihannya juga masih cukup besar yakni hampir 50%, maka siapa yang akan memenangkan Pilpres 2024 masih belum dapat dipastikan.

“Para tokoh yang saat ini menghuni papan atas rating survei masih ada kemungkinan ditinggalkan pendukungnya.  Sebaliknya, para tokoh pendatang baru masih berpeluang mengejar ketertinggalan dari tokoh-tokoh lain,  sepanjang mereka masih mau bekerja keras dengan strategi sosialisasi yang tepat,” kata Hafizha. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.