Yosua : Manfaatkan Media dalam Membangun Ketangguhan Hadapi Bencana

Yovie Wicaksono - 22 November 2021
Komisioner KPID Jawa Timur Immanuel Yosua saat menjadi pembicara di Lokakarya "Peran Pentahelix Dalam Membangun Ketangguhan di Jawa Timur," di Surabaya, Senin (22/11/2021). Foto : (Super Radio/Nirwasita Gantari)

SR, Surabaya – Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Jawa Timur Immanuel Yosua meminta seluruh pihak yang berperan dalam membangun ketangguhan menghadapi bencana  memanfaatkan media dengan baik. 

Pemanfaatan  media ini sebagai  penyampai pesan ke publik terkait isu kebencanaan. 

“Ada tiga upaya yang bisa dilakukan yakni memahami, mengoptimalkan pemanfaatan dan berkolaborasi yang baik dengan media,” ujar Yosua saat menjadi pembicara di Lokakarya “Peran Pentahelix Dalam Membangun Ketangguhan di Jawa Timur,” di Surabaya, Senin (22/11/2021). 

Disebutkan, media memiliki peran penting dalam menghadapi bencana, karena menjadi bagian integral bersama pemerintah, masyarakat, akademisi dan pelaku usaha. 

“Pemahaman yang baik terhadap media akan menentukan bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan media baik dari sisi teknis maupun sosial,” jelasnya. 

Menurut Yosua, ketika media bisa dimanfaatkan dengan baik, otomatis akan membangun ketangguhan dan bisa mengurangi risiko bencana. 

Sekadar informasi, lokakarya “Peran Pentahelix Dalam Membangun Ketangguhan di Jawa Timur ini dihadiri oleh seluruh stakeholder mulai dari perwakilan pemerintah, relawan dan media massa. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.