Yasonna Laoly Mundur dari Menkumham

Yovie Wicaksono - 28 September 2019
Menteri Hukum dan dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly. Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham), Yasonna H. Laoly mengajukan permohonan pengunduran diri terhitung mulai 1 Oktober 2019 kepada Presiden RI dalam surat nomor M.HH.UM.01.01-168 pada Jumat (27/9/2019).

Pengunduran diri tersebut berkaitan dengan terpilihnya Yasonna sebagai Anggota DPR RI dapil Sumatera Utara 1 serta tidak diperbolehkan rangkap jabatan sesuai dengan Pasal 23 UU No 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara yang menjelaskan “Menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan”.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan dari Bapak Presiden yang telah menunjuk saya sebagai Menteri Hukum dan dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada Kabinet Kerja Joko Widodo – Jusuf Kalla serta atas dukungan selama saya menjabat,” tulisnya dalam surat tersebut.

Yasonna juga menyampaikan permohonan maafnya apabila selama ia menjabat Menteri Hukum dan dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia terdapat banyak kekurangan dan kelemahan.

Surat tersebut ditanda tanganinya dengan tembusan kepada Wakil Presiden RI, Pimpinan DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Menteri Sekretaris RI, dan Sekretaris Kabinet RI. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.