Tulungagung Hibahkan Gamelan ke Sanggar Taruna Budaya

Yovie Wicaksono - 25 November 2022
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung memberikan hibah seperangkat gamelan ke sanggar seni Taruna Budaya SMAK Thomas Aquino Tulungagung, Jumat (25/11/2022). Foto : (Istimewa)

SR, Tulungagung – Sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kebudayaan khususnya pada kesenian tradisional Pemkab Tulungagung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung memberikan hibah seperangkat gamelan ke sanggar seni Taruna Budaya SMAK Thomas Aquino Tulungagung, Jumat (25/11/2022).

Secara simbolis, bantuan diserahkan langsung Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo kepada Kepala SMAK Thomas Aquino di gedung sanggar Taruna Budaya.

Gatut Sunu mengatakan, bantuan hibah gamelan ini merupakan bukti nyata bahwa Pemkab Tulungagung ikut melestarikan budaya yang ada di kabupaten Tulungagung. Ia beharap siswa SMAK Thomas Aquino sebagai generasi penerus bangsa juga ikut berkewajiban melestarikan budaya tradisional sebagai peninggalan nenek moyang terdahulu agar tidak punah.

“Bukan hanya orang tua saja, namun sebagai generasi muda para siswa siswi  juga harus ikut handarbeni (memiliki) dan melestarikan kebudayaan tradisional kita. Semoga gamelan ini bermanfaat bagi para siswa siswi disini untuk mengembangkan bakat seninya,”ujarnya.

Sementara itu Kepala SMAK Thomas Aquino, Didik Sumarsono mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan seperangkat gamelan yang diberikan Pemkab Tulungagung.

“Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional yang ke 77 ini, sesuatu yang tak terduga kami dapat kado istimewa dari Pemkab Tulungagung berupa seperangkat gamelan yang memang sudah kami harapkan sejak lama dan akhirnya hari ini bisa terwujud. Terimakasih Pemkab Tulungagung yang telah peduli dengan kami dan semoga ini bermanfaat bukan hanya bagi siswa siswi kami tapi juga warga sekitar sekolahan yang mana ini juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar,” katanya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung melalui Kabid Kebudayaan Suprihatin mengatakan, bantuan ini tidak serta merta terealisasi tanpa adanya pengajuan terlebih dulu, karena harus melalui proses sesuai dengan aturan yang ada.

“Karena bantuan ini berasal dari anggaran Pemkab Tulungagung, maka prosesnya harus sesuai dengan mekanisme yang semestinya dan Alhamdulillah pengajuan yang sebelumnya diajukan sanggar seni Taruna Budaya yang berada di SMAK Thomas Aquino akhirnya bisa terealisasi,” ujarnya. (*/rin/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.