Sepak Bola Amputasi Pertama di Surabaya

Yovie Wicaksono - 9 March 2022

SR, Surabaya – Enam orang disabilitas fisik asyik berlatih bola di Lapangan Pacar Keling Surabaya pada Rabu (9/3/2022) sore. Mereka semua tergabung dalam Persatuan Sepak Bola Amputasi Surabaya (PERSAS).

Ketua Persatuan Sepak Bola Amputasi Surabaya (PERSAS) Hendro Suseno mengatakan, latihan ini merupakan latihan perdana setelah PERSAS dibentuk pada 25 Februari 2022 lalu.

Meski kondisi lapangan tidak layak untuk dijadikan berlatih serta kurangnya personil, hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan semangat mereka.

“Jadi ya masih apa adanya, karena memang baru terbentuk bahkan belum satu bulan. Tapi yang penting adalah semangat kawan-kawan pecinta bola yang biasanya hanya bisa menonton, sekarang bisa bermain melalui wadah ini,” ujar di sela-sela latihan.

Awal terbentuknya PERSAS sendiri, lanjutnya, bermula dari ide dua anggota PERSAS yang sebelumnya tergabung dalam klub sepak bola di Madura dan mendapat juara 3 dalam Liga Sepakbola Amputasi Nasional 2022. Mereka termotivasi untuk membuat wadah para penyandang disabilitas khususnya yang diamputasi untuk bisa mengembangkan hobi dan kemampuannya dalam bersepak bola.

“Dari dua orang itu, sekarang kita masih beranggotakan 8 orang. Dan ini yang pertama kali ada di Surabaya,” sambungnya.

Sepak bola amputasi ini biasanya dimainkan 7 lawan7 dengan ukuran panjang lapangan 60 x 40 meter, dan durasi bermain 2×25 menit.

“Jadi aturannya berbeda. Kalau kena tongkat itu handsball,” katanya.

Agenda terdekat mereka adalah mengikuti Piala Gubernur pada Juni mendatang. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.