Sekdaprov Jatim : 32 Persen Warga Masih Belum Bermasker

Yovie Wicaksono - 9 July 2020
Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono. Foto : (JNR)

SR, Surabaya – Sekretaris Daerah Provinsi Jatim (Sekdaprov Jatim), Heru Tjahjono mengklaim tingkat kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker meningkat drastis.  Hal ini pasca Presiden Joko Widodo mendapatkan laporan bahwa 70 persen warga di Jawa Timur tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Laporan ini diterima saat ia mengunjungi posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (25/6/2020) lalu.

“Memang dalam posisi seperti kedisiplinan menggunakan masker atas studi yang dilakukan FKM Unair sudah mulai baik. Yang dulunya 70 persen menjadi 32 persen yang tidak memakai masker,” kata Heru usai menghadiri paripurna di DPRD Jatim, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya, ada perbaikan dalam mengangkat kedisiplinan terhadap protokol kesehatan di wilayah Surabaya Raya. “Seperti cafe itu ada perbaikan (sudah menggunakan masker, red),” jelasnya.

Dijelaskan Sekdaprov Jatim Heru bahwa arahan Presiden Joko Widodo untuk menangani Covid-19 dalam rangka percepatan selama dua pekan.  “Kemarin kita melakukan rapat untuk membuat laporan. Tadi malam sama Bu Gubernur membuat laporan untuk menyampaikan kepada Pak Presiden. Secepatnya akan kami kirim,” terangnya.

Kedua, lanjut Mantan Bupati Tulungagung ini memang tracing terus dilakukan. Secara otomatis kasus Covid-19 meningkat seiring tracing yang dilakukan. “Namun, tingkat kesembuhannya juga meningkat di Surabaya Raya dan tingkat kematian sudah mulai landai,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.