Ribuan Pemudik Diprediksi Tinggalkan Surabaya, Begini Antisipasi Pemkot

Yovie Wicaksono - 28 April 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan arus mudik maupun arus balik akan terkendali selama libur hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Segala persiapan telah dilakukan guna mengantisipasi melonjaknya jumlah pemudik yang masuk maupun keluar kota Surabaya.

Salah satunya lewat rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan yang telah dikoordinasikan dengan Polrestabes.

Ia mengatakan, belajar dari tahun sebelumnya, jumlah pemudik bisa mencapai ribuan jiwa. Untuk itu perlu upaya dalam mengurai kemacetan.

“Kebijakannya ada di Polrestabes ya, jadi kewenangannya Kasatlantas, semua sudah dikoordinasikan,” ujarnya, Rabu (27/4/2022).

“Keluar Surabaya belum tahu, tapi dari tahun sebelumnya ada ribuan jiwa dan yang masuk juga banyak. Makanya kita koordinasikan jangan sampai ada macet atau trouble,” imbuhnya.

Selain arus mudik, pihaknya juga mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 selama libur lebaran. Satgas Jogo Kampung, akan disiagakan untuk memastikan protokol kesehatan tiap warga yang datang dari luar kota.

“Jadi di Surabaya kita sudah punya satgas jogo kampung sehingga kita lakukan penguatan disana untuk warga yang datang,” jelasnya.

Ia pun mengimbau, agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dan melakukan vaksin booster sebelum menempuh perjalanan keluar kota.

“Saya berharap pemudik yang keluar maupun masuk ke kota Surabaya, tolong jaga protokol kesehatan. Jangan sampai pulang saat kondisi tidak fit dan malah menularkan penyakit,” tuturnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.