Renny Pramana Ajak Masyarakat Implementasikan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Yovie Wicaksono - 16 April 2022
Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Wara Renny Sundari Pramana dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bertema Membumikan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari yang digelar di Kota Kediri, Jumat (15/4/2022). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Wara Renny Sundari Pramana mengajak masyarakat agar memahami nilai dan prinsip Pancasila untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila itu ada dari masa ke masa. Dan Pancasila pada tahun 1945 telah menuntun kita di pasal pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa,” ujar Renny dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bertema Membumikan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari yang digelar di Kota Kediri, Jumat (15/4/2022).

Menurutnya, Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari beraneka ragam suku, budaya dan agama. “Tidak bisa agamamu kau benturkan dengan agamaku. Itu sebenarnya prinsip. Agama itu kepercayaan kita masing-masing. Tidak boleh di bawa bawa ke ranah politik,” sambungnya.

Selain simbol ideologi bangsa, menurutnya, Pancasila bisa menjadi penuntun masyarakat Indonesia dalam berperilaku sehari-hari. 

“Ini bersifat mutlak tidak bisa lagi di utak atik dan ditawar. Kan ada 5 pasalnya, ini pernah  diperdebatkan. Tidak mudah menyusun Pancasila ini. Bung Karno dan seluruh tim perumus Pancasila tentu sudah dipertimbangkan. Jadi kalau sekadar diperdebatkan kita harus ikut melindungi, mengamankan, memperjuangkan bahwa Pancasila dasar negara kita yang tidak perlu diperdebatkan lagi,” katanya.

Sekadar informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto Imam Mahmudi dan tokoh masyarakat, relawan serta warga Kota Kediri. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.