Ratusan Pemilih Ikuti Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 Ketintang Surabaya

Yovie Wicaksono - 24 February 2024
Beberapa Pemilih Memberikan Hak Suaranya saat Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 Ketintang Surabaya, Sabtu (24/2/2024). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Sebanyak 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Surabaya melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Sabtu (24/2/2024). Salah satunya adalah TPS 02 yang berada di Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan.

Ketua KPPS TPS 02 Faruq Isriadi mengatakan, PSU ini dilakukan berdasarkan rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya setelah sebelumnya ditemukan adanya pemilih yang tetap menggunakan hak pilih namun tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK) di TPS tersebut.

“PSU ini dilakukan karena pada tanggal 14 kemarin kita kecolongan dari anak-anak kos yang tidak masuk dalam daftar pemilih tapi memilih di sini. Jadi berdasarkan rekomendasi Bawaslu Surabaya kita gelar PSU hari ini,” ujarnya, Sabtu (24/2/2024) siang.

Di TPS tersebut, warga memberikan hak suaranya untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI Dapil Jatim 1, DPRD Provinsi Jatim, dan DPD Dapil Jatim.

“Karena kemarin yang surat suara untuk DPRD Kota Surabaya dinyatakan aman, maka pencoblosan hari ini untuk 4 pemilihan saja,” katanya.

Dari total 297 pemilih yang terdaftar di TPS tersebut, ia mengatakan, sebanyak 124 pemilih yang terdiri dari 118 DPT dan 6 DPTb memberikan hak suaranya.

“Antusiasme para pemilih justru lebih tinggi saat hari ini, mulai pagi jam 7 sudah banyak yang berdatangan sampai jam 10 tadi dan kami tutup sampai jam 1 siang. Kalau pada tanggal 14 kemarin yang menggunakan hak pilihnya hanya sebanyak 116, hari ini malah ada 124 pemilih,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum PSU ini dilakukan, para pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga sudah mendapatkan pemberitahuan dan undangan terkait pencoblosan ulang yang telah dibagikannya pada Selasa (20/2/2024) setelah sebelumnya digelar Bimtek bersama KPU Kota Surabaya pada Senin (19/2/2024).

Seperti diketahui, selain di TPS 02 Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan ada sembilan tempat lagi yang melangsungkan PSU di Surabaya, yakni di TPS 02, TPS 15 dan TPS 34 Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis. TPS 02 Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes. TPS 12 Kelurahan Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes. TPS 06 Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes

Kemudian, di TPS 27 Kelurahan Simolawang, Kecamatan Simokerto, Surabaya. TPS 21 Kelurahan Menanggal, Kecamatan Gayungan dan TPS 20 Kelurahan Asem Rowo, Kecamatan Asem Rowo. (fos/red)

Tags: ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.