Prakiraan Cuaca Jawa Timur Cerah Panas Siang Hari dan Gerah Malam Hari

Rudy Hartono - 17 May 2024
Logo BMKG

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menginformasikan  bahwa cuaca Jawa Timur pada umumnya, Jumat (17/5/2024) hari ini, cerah sepanjang hari dan tidak ada tanda turun hujan.

Suhu udara terasa panas dengan sinar matahari yang besinar terang sepanjang hari. BMKG mencatat suhu udara seluruh Jawa Timur berkisar pada 20 – 35 derajad celcius. Sementara itu kelembapan udara 50-90 persen dan kecepatan angin sedang 20-30 km/jam dari arah Timur atau Tenggara.

Di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan) dan Kota Madiun panas terik berlebihan. Suhu terpanan terjadi di Surabaya dan   Madiun dengan puncak panas 35 derajad celcius pada pukul 12.00 – 14.00 WIB. Sedangkan panas kedua di kota-kota Gresik, Sidoarjo, Bangkalan puncak panas 34 derajad celcius.

Dengan prakiraan cuaca ini, penduduk Surabaya Raya perlu bersiap-siap untuk menghadapi hari yang panas. Pihak BMKG Juanda menganjurkan kepada masyarakat untuk memperbanyak minum air agar mencegah terjadi dehidrasi tubuh dan juga menghindari sinar matahari langssung dengan menggunakan sunscreen atau memperlengkapi pakai topi atau payung saat di luar ruangan.

Daerah di Jawa Timur lain yang juga mengalami cuaca panas atau gerah sepanjang hari, baik siang mupun malam hari, sebagaimana Surabaya Raya.

Adapun kota dengan suhu sejuk masih dialami daerah dataran tinggi seperti Kota Batu dan Kabupaten Malang dengan suhu kisaran 20-26 derajad celcius. Suhu rendah pagi hari dan senja hingga malam hari. Sedangkan suhu panas pada siang hari maksimal 26-27 derajad celcius.

Yang harus menjadi perhatian Masyarakat ketika cuaca panas terik yakni munculnya  keluhan masyarakat seperti gejala heatstroke akibat kemarau panjang. Untuk itu BMKG mengimbau masyarakat agar tetap menenuhi kebutuhan air agar tidak dehidrasi. Selain itu menggunakan pelindung kulit dan badan saat berada di luar ruangan.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya.

Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.