Pertamina Cepat Tangani Pipa Bocor di Tuban dan Ungsikan Warga Terdampak

Rudy Hartono - 10 June 2024
Lokasi Pertamina Patra Niaga Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM)di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. (sumber:antara)

SR, Bojonegoro  – PT Pertamina Patra Niaga melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Tuban bergerak cepat menangani kebocoran pipa yang terjadi Senin (10/6/2024) dini hari, dengan memastikan dinding pengamanan mampu menahan rembesan air agar tidak meluber.

“Kondisi sudah berangsur membaik, namun penyebab kebocoran masih dalam investigasi,” kata Area Manager Communication, Relation & CSR Jatimbalinus, Ahad Rahedi, Senin.

Sebagai antisipasi keselamatan warga, Pertamina segera melakukan evakuasi warga Desa Tasikharjo yang berada di sekitar area kebocoran.

Selain itu  memastikan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) bagi masyarakat Tuban dan sekitarnya tidak terjadi kendala akibat kebocoran pipa tersebut.

“Sebagian warga sudah kembali ke rumah. Penyaluran BBM ke masyarakat Tuban dan sekitarnya tetap berjalan normal dan stok dipastikan aman. Kami juga terus berkoordinasi dengan Forkopimda, BPBD serta lembaga dan instansi terkait lainnya di Tuban,” tutur Ahad.

Bagi warga Desa Tasikharjo yang masih di posko pengungsian dan belum berani pulang ke rumah, PT Pertamina Patra Niaga, setia mendampingi dan memenuhi kebutuhan warga. “Kami memastikan kondisi dan kebutuhan warga di posko tersebut aman,” kata Ahad.

Para warga terdampak juga mendapatkan pengecekan medis di posko. Kebutuhan untuk konsumsi warga yang mengungsi di posko juga terjamin.

Antisipasi lainnya,penanganan dilakukan dengan mengerahkan vacuum truk (penyedot minyak) dan oil absorbant (penyerap minyak) agar minyak yang keluar segera tertangani.

PT Pertamina Patra Niaga, sub holding Commercial & Trading Pertamina, menangani kebutuhan warga Desa Tasikharjo, Kabupaten Tuban yang mengungsi di Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Jawa Timur.(sumber:antara)

Sementara itu untuk keselamatan, Pertamina Patra Niaga menghimbau kepada masyarakat di sekitar area Terminal BBM untuk tidak merokok maupun menyalakan api hingga kondisi dinyatakan sepenuhnya aman.

Informasi yang dihimpun bau menyengat dari kebocoran pipa tersebut sempat tercium di sebagian wilayah Desa Tasikharjo, Remen dan Desa Purworejo di Kecamatan Jenu.

Meskipun tidak ada korban jiwa, petugas kesehatan dan keamanan disiagakan di lokasi kejadian sekaligus mengimbau masyarakat tidak mendekati area tersebut. (*/ant/red)

Tags: , , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.