Pemdes Sukorejo Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk “Wahyu Topeng Waja”

Yovie Wicaksono - 1 August 2022

SR, Bojonegoro – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro menggelar wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “Wahyu Topeng Waja” sebagai penanda awal bulan Muharram 1444 Hijriah. Gelaran tersebut diadakan di Lapangan Singonoyo dan dihadiri Bupati Anna Mu’awanah, Minggu (31/7/2022).

Lakon wayang topeng wojo sendiri menceritakan tentang perjuangan sang putra Bratasena dalam mendapatkan topeng wojo, wahyu dari para dewa khayangan, yang diberikan pada Gatotkaca karena jasanya membantu para dewa mindah khayangan.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengatakan dalam seni pertunjukan wayang kulit terdapat banyak tuntunan hidup, seperti yang diajarkan Sunan Kalijaga dulu.

Sementara itu, Kepala Desa Sukorejo, Budi Suprayitno mengucapkan terimakasih kepada Bupati Anna yang bersedia hadir serta bantuan yang sudah diberikan ke Desa Sukorejo.

“Pagelaran wayang kulit sedianya kami laksanakan setiap tahun pada awal bulan suro dan dilanjut sholawat bersama habib,” ujar Budi.

Sebagai penanda dimulainya pagelaran wayang kulit, Kades Sukorejo memberikan wayang tokoh Gatut Kaca kepada Ki Pamungkas Bayu Aji dan didampingi Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Dalam pagelaran wayang kulit ini, hadir juga sebagai tamu undangan, Dandim 0813, Ketua DPRD, perwakilan Disbudpar, BPD dan Perangkat Desa, serta pengurus RT /RW. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.