Mulai Senin, Sudah Bisa Vaksin Mandiri. Berapa Biayanya?

Yovie Wicaksono - 10 July 2021
Ilustrasi vaksin (Foro file - Anadolu Agency)

SR, Surabaya – Mulai Senin (12/7/2021), pemerintah merencanakan memberikan layanan vaksin gotong royong (VGR) atau mandiri kepada masyarakat. Kimia Farma ditunjuk sebagai pihak yang memberikan layanan.

Pada tahap awal ini, setidaknya ada delapan klinik Kimia Farma yang menyediakan layanan vaksinasi individu di enam kota. Ke depan akan diperbanyak jumlah kota yang bisa menyediakan layanan ini.

Soal harga vaksin, Kementerian Kesehatan telah menetapkan tarif vaksin mandiri melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharma.

Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan vaksin mandiri, setidaknya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 879.140. Rinciannya, Rp 643.320 untuk dua dosis vaksin dan Rp 235.820 untuk tarif maksimal pelayanan vaksinasi dua kali penyuntikan.

Dalam aturan tersebut juga dikatakan bahwa tarif vaksin dan vaksinasi adalah batas tertinggi yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta.

Harga tersebut juga sudah termasuk keuntungan 20% untuk pembelian vaksin dan keuntungan 15% untuk tarif maksimal pelayanan vaksinasi.

Plt. Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra mengatakan, pendaftaran kepesertaan VGR Individu di Kimia Farma dilakukan melalui tiga jalur/cara. Pertama, melalui contact/call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255. Kedua, melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, kemudian akan diarahkan melalui koneksi nomor WhatsApp.

Ketiga, melalui aplikasi Kimia Farma Mobile di ponsel, yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Kimia Farma Mobile sendiri baru digunakan mulai Kamis (15/7) karena masih dalam proses penyempurnaan.

“Paling ideal, calon peserta mendaftar melalui KF Mobile untuk menghindari antrean panjang. Dengan hanya satu jari, beberapa langkah pendaftaran dapat dilewati.” kata Agus Chandra, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Sabtu (10/7/2021).

Sekadar informasi, berikut 8 klinik VGR Individu tahap awal yang akan dibuka Kimia Farma:

Jakarta KF Senen, kapasitas 200 orang per hari

Jakarta KF Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari

Jakarta KF Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari

Bandung KF Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari

Semarang KF Citarum, kapasitas 100 orang per hari

Solo KF Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari

Surabaya KF Sedati, kapasitas 200 orang per hari

Bali KF Batubulan, kapasitas 100 orang per hari (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.