Megawati Resmikan Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya secara Daring

Yovie Wicaksono - 24 August 2021
Peresmian Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Senin (23/8/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meresmikan kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Senin (23/8/2021), secara virtual. Peresmian ini menjadi tanda bahwa kantor DPC Surabaya telah menjadi aset permanen yang selama ini telah ditunggu-tunggu keluarga besar Banteng Surabaya.

“Dengan demikian maka tempat ini bukanlah milik perorangan tetapi merupakan aset partai. Keseluruhan daripada aset PDI Perjuangan itu adalah milik PDI perjuangan, dan akan melalui proses, diberikan kepada DPP partai,” ujar Megawati dalam peresmian tersebut.

Atas hal tersebut, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengucapkan terima kasih kepada Megawati, DPP PDI Perjuangan, DPD PDI Perjuangan Jatim, Wali Kota Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Armuji, dan seluruh kader di Surabaya.

“Terima kasih Ibu Megawati, Sekjen DPP PDI Perjuangan Bapak Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDI Perjuangan Ibu Tri Rismaharini yang selama ini telah mendidik dan menggembleng kami dengan prinsip-prinsip ideologi dan praksis organisasi kepartaian,” ujar Adi.

Peresmian kantor, lanjut Adi, juga melipat gandakan semangat seluruh kader. Dari kantor tersebut, digerakkan kegiatan-kegiatan kepartaian di tengah-tengah rakyat, bersama 31 PAC, 154 Ranting, 896 Anak Ranting. Berbagai aktivitas pendampingan kepentingan rakyat dipusatkan di kantor tersebut, mulai masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perbaikan kampung, hingga pembagian makanan untuk masyarakat kurang mampu.

“Kantor ini selaras dengan cita-cita kepartaian, selalu terbuka dan dekat melayani rakyat, dan berwawasan lingkungan, sebagaimana selalu diajarkan Ibu Megawati,” pungkas Adi.

Dengan penempatan yang berada di paru-paru kota tepatnya di sisi timur Kebun Binatang Surabaya, membuat kantor yang berlokasi di Jalan Setail dan memiliki luas sekira 560 meter itu dikelilingi dengan suasana teduh dan asri.

“Suasana kantor yang dikelilingi ruang hijau menjadi simbol bahwa seluruh kader terus menempatkan lingkungan sebagai landasan kerja kepartaian. Visi itu pula yang dikerjakan para Wali Kota Surabaya, kader PDI Perjuangan sejak 2002. Sehingga Surabaya yang semula terik panas menjadi rindang dan hijau. Dihiasi taman-taman kota dan jalur penghijauan, dengan kualitas udara yang terus membaik,” ujar Adi.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menuturkan, acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian peresmian secara serentak 10 kantor partai di berbagai daerah. Yakni Sekolah Partai Lenteng Agung, Gedung Serbaguna Megawati Soekarnoputri Provinsi Banten, DPC Lombok Timur NTB, DPC Kab. Batanghari Kalimantan Barat, DPC Kab. Kubu Raya Kalimantan Barat, DPC Kab. Ketapang Kalimantan Barat, DPC Kab. Landak Kalimantan Barat, DPC Kab Mempawah Kalimantan Barat, DPC Kota Surabaya dan DPC Aceh Barat.

“Dengan begitu banyaknya sekolah partai yang diresmikan oleh Ibu Ketua Umum yang sudah kita canangkan beberapa tahun yang lalu, sehingga pada peresmian kali ini adalah peresmian pada gelombang keempat, nanti gelombang kelima akan dilakukan tanggal 28 Oktober 2021,” ucapnya dalam acara peresmian secara virtual.

Hasto menegaskan bahwa penempatan lokasi kantor partai juga diperhitungkan secara sesama. Seperti pada penempatan kantor DPC Kota Surabaya, lalu pada kantor DPC Aceh Barat yang diresmikan agar dapat mendekatkan partai dengan masyarakat.

“Sesuai dengan arahan Ibu Ketua Umum, kantor DPC terutama yang berada di ibu kota provinsi juga berfungsi sebagai tempat penggalangan kaum muda pelopor, kaum milenial. Agar ketika bergabung dengan PDI Perjuangan, mereka betul-betul dapat belajar tentang apa itu nasionalisme, patriotisme, rasa cinta tanah air, kebudayaan, dan nusantara yang begitu luar biasa,” ujarnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.