Martin Hamonangan Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Budaya Bangsa

Yovie Wicaksono - 22 August 2022

SR, Banyuwangi – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Martin Hamonangan mengatakan, di era keterbukaan informasi dan teknologi, Indonesia menghadapi berbagai tantangan global, yang salah satunya mengancam kelestarian budaya Nusantara.

“Harus kita sadari berkembangnya zaman hari ini tidak saja melahirkan kemudahan, tapi juga tantangan nyata, yang salah satunya mengancam kelestarian budaya bangsa,” ujar Martin saat menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Desa Tegal Arum, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (21/8/2022).

“Contohnya, adalah bagaimana budaya warisan leluhur kita sudah tidak digandrungi lagi akibat terkikis oleh masuknya budaya asing yang itu kadang tidak sesuai dengan jati diri bangsa. Dan ini adalah tantangan besar yang harus kita hadapi bersama-sama,” sambungnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, agar kekayaan budaya bangsa ini tidak hilang termakan zaman, politisi PDI Perjuangan tersebut menekankan kepada masyarakat untuk tetap bersatu padu dan bergotong-royong melakukan upaya-upaya pelestarian kebudayaan. Salah satunya dengan intens melakukan pagelaran kesenian daerah, serta mengenalkan budaya dan kesenian pada anak sejak usia dini.

“Kalau tidak mau kekayaan budaya bangsa kita ini diambil negara lain, apalagi sampai punah tergerus zaman, maka kita harus mulai sadar untuk melakukan upaya-upaya pelestarian kebudayaan. Caranya adalah dengan sering mengadakan pagelaran kesenian, seperti kesenian jaranan ini, yang mana kesenian ini dapat menggugah semangat dan gotong-royong kita,” terang Martin.

Dalam kesempatan tersebut, selain melakukan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Martin juga membagikan bendera merah putih kepada masyarakat, dan dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan ratusan paket sembako untuk warga kurang mampu dan lansia di wilayah Desa Tegal Arum.

“Tadi, selesai memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, saya juga membagikan bendera merah putih untuk masyarakat. Selain itu, juga ada sedikit paket bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan. Meskipun tidak seberapa, saya harap ini bisa sedikit membantu mereka,” pungkasnya. 

Sekadar informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, tokoh masyarakat, para seniman jaranan, serta pengurus PAC dan Ranting PDI Perjuangan se-Kecamatan Sempu. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.