Mahfud Apresiasi Pimpinan KPK Uji Materi UU KPK

Yovie Wicaksono - 21 November 2019
Ilustrasi KPK.

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengapresiasi pimpinan KPK yang mengajukan uji materi UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK ke Mahkamah Konstitusi.

“Menurut saya bagus, tidak ada halangan hukum dan halangan konstitusi,” kata Menko Polhukam Mahfud MD di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurut Mahfud, dalam uji materi tersebut nantinya masing-masing kepentingan akan bertemu, apakah ada perbedaan dan persamaan antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya dan juga dengan pemerintah.

“Di situ akan bertemu perbedaan pendapat antara satu kelompok dengan satu kelompok masyarakat yang lain, kemudian perbedaan dan persamaan dengan pemerintah. Nanti biar hakim MK yang memutuskan,” kata Mahfud.

Seperti diketahui, tiga pimpinan KPK, yakni Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil ketua KPK Laode Muhammad Syarif, dan Wakil ketua KPK Saut Situmorang secara pribadi mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK ke MK, Rabu (20/11/2019). Pengajuan tersebut telah teregistrasi dengan Nomor 1927-0/PAN.MK/XI/2019.

Ketiga pimpinan KPK ini mengajukan uji materi dengan mengatasnamakan Tim Advokasi UU KPK. Dokumen pengajuan uji formil yang diserahkan ke MK sebagian berisi materi dari UU KPK terbaru. Adanya aspek materi tersebut, karena proses revisi UU KPK yang dilakukan DPR dinilai banyak kesalahan pada aspek materiil. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.