Khofifah Tekankan Pentingnya Jaga Pancasila

Yovie Wicaksono - 24 July 2019
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Konferda V PDI Perjuangan Jatim, Rabu (24/7/2019). Foto : (Super Radio/Nirwasita Gantari)

SR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dikatakan, Pancasila adalah ideologi dan dasar negara, serta ide besar dalam politik kebangsaan Indonesia.

“Pancasila harus dijabarkan dalam setiap sendi kehidupan, baik kemasyarakatan, keagamaan dan kebangsaan,” ujar Khofifah saat menghadiri Konferda V PDI Perjuangan Jatim, Rabu (24/7/2019).

Pancasila, kata Khofifah, harus dijaga bersama dengan melibatkan semua pihak, seperti tokoh agama, kalangan kampus dan aparat penegak hukum.

Hal ini harus dilakukan, karena berbagai penelitian menyebutkan ada trend di kalangan masyarakat yang menolak Pancasila sebagai dasar negara.

“Pekerjaan rumah hari ini adalah memutus kristalitasi anti Pancasila,” kata Gubernur Perempuan pertama di Jawa Timur ini.

Dijelaskan lebih lanjut, sistem yang ada saat ini, yakni suprastruktur politik (eksekutif, legislatif, yudikatif) dan infrastruktur politik (partai politik, LSM, media massa) harus dipastikan memiliki falsafah Pancasila dan NKRI harga mati.

Mantan Menteri Sosial ini juga mengapresiasi PDI Perjuangan yang menempatkan Pancasila sebagai kontruksi bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.