Ketua Umum Pemuda Katolik Tinjau Posko Pengungsian Erupsi Semeru

Yovie Wicaksono - 13 December 2021

SR, Lumajang – Ketua Umum Pemuda Katolik (PK) Stefanus Asat Gusma meninjau langsung posko pengungsian erupsi Semeru di Penanggal, Lumajang, Jawa Timur, Senin (13/12/2021).

Dengan didampingi pengurus Pemuda Katolik Komda Jatim yaitu Fransiscus Hapsektio yang akrab dipanggil Tio dan Komcab Situbondo, Gusma memberikan dukungan semangat dan dana bantuan sosial kepada para relawan dan korban erupsi Gunung Semeru. 

Bantuan hasil dana gotong royong kader Pemuda Katolik dari berbagai daerah seluruh Indonesia inipun disalurkan melalui Relawan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Lumajang.

Selain itu, rombongan juga mengunjungi Paroki Santa Maria Ratu Damai Lumajang  dan menyerahkan bantuan sosial kepada Romo Nugroho, O. Carm selaku Kepala Paroki dan koordinator Posko Bantuan Kemanusiaan Gunung Merapi Semeru. 

“Ketua Umum tadi menyampaikan bahwa dana bantuan kemanusian tersebut adalah wujud solidaritas dari seluruh kader Pemuda Katolik di Indonesia,” jelas Tio.

Dari hasil turun langsung ke lokasi pengungsian masyarakat terdampak bencana, Ketua Umum mengapresiasi pemerintah yang cepat tanggap dalam menangani para korban terdampak bencana Semeru. 

“Bantuan dari pemerintah terlihat di lokasi bencana, juga beberapa ormas dan komunitas sosial lainnya,” ujar Tio seperti yang disampaikan oleh Gusma.

Hanya saja, yang menjadi catatan adalah fasilitas posko dan MCK khusus penyandang disabilitas untuk korban erupsi Semeru belum disediakan. 

“Ketua Umum tadi juga berpesan kepada kawan-kawan Pemuda Katolik di Jawa Timur untuk ikut ambil bagian dalam penanganan korban erupsi,” imbuh Tio. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.