Kemkominfo Sosialisasikan Pencegahan Stunting pada Generasi Milenial di Kediri  

Yovie Wicaksono - 9 July 2019
Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat ini digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia, di Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ratusan pelajar setingkat SMA maupun mahasiswa usia produktif, di Kediri, Jawa Timur, mendapat pembekalan  pemahaman terkait pencegahan stunting.

Kegiatan yang mengusung tema mengenai Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat ini digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi generasi muda, khususnya siswa SMA maupun mahasiswa agar lebih peduli akan permasalahan stunting.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemkominfo, Wiryanta mengatakan, generasi milenial khususnya para  remaja putri sudah sepatutnya mendapatkan akses informasi dan edukasi mengenai stunting dan pencegahanya.

Hal ini dikarenakan semakin dini, para remaja mengetahui pentingnya menjaga kesehatan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang, maka semakin besar pula kemungkinan di masa depan mereka akan menjadi orang tua yang melahirkan anak yang terbebas dari stunting.

“Karena semakin dini para remaja mengetahui pentingnya menjaga kesehatan, memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang, maka semakin besar di masa depan mereka menjadi orang tua yang terbebas dari stunting,” ujarnya pada Selasa (9/7/2019).

Ia melihat, saat ini masih banyak remaja yang tidak memperhatikan kebutuhan gizinya sendiri serta menjalankan program diet tanpa harus memperhatikan asupan gizi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia mencatat, untuk wilayah Jawa Timur stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi  paling banyak ditemukan di wilayah Pulau Madura dan Pacitan.

“Hampir semua di Pulau Madura, dan juga di Pojok bagian sana Jawa Timur itu di Pacitan,” ujarnya.

Pemicu kondisi gagal tumbuh pada  anak akibat kekurangan gizi di wilayah Madura dikarenakan sejumlah faktor diantaranya pola hidup, tingkat pendidikan, dan kemiskinan.

Diketahui selama 2019, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat di 30 wilayah kota dan kabupaten, salah satunya di Kota Kediri. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.