Jelang New Normal, Wisata Sumber Banteng Siapkan Protokol Kesehatan

Yovie Wicaksono - 11 July 2020
Wisata Alam Sumber Banteng di Wangkalan, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Jelang kenormalan baru (new normal), sejumlah lokasi wisata alam di Kota Kediri, Jawa Timur, mulai mempersiapkan teknis protokol kesehatan. Salah satunya destinasi wisata alam Sumber Banteng di Wangkalan, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren.

Kepala Kantor Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Eko Lukmono mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan ketentuan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengunjung, diantaranya diwajibkan memakai masker.

“Kita mengakomodir apa yang di lingkungan kawasan wisata Sumber Banteng. Dimana untuk teman-teman komunitas mempersiapkan bagaimana nanti kawasan wisata alam Kota Kediri bisa dibuka. Kan banyak pendatang. Kita persiapkan masker juga diproduksi teman komunitas, tujuannya seandainya ada pengunjung yang lupa tidak membawa masker dari pintu depan sudah kita siapkan, tetap membelinya,” kata Camat Pesantren ini, Sabtu (11/7/2020).

Kegiatan simulasi penerapan protokol kesehatan menuju new normal untuk destinasi wisata tersebut merupakan inisiasi dari komunitas serta warga sekitar yang berharap segera ada panduan regulasi yang dikeluarkan dari instansi terkait, dalam hal ini Dinas Pariwisata.

“Kami berharap segera ada regulasi bagaimana dinas teknis ini mempersiapkan pengunjung apabila berada di dalam kawasan wisata. Entah itu dikelola oleh Dinas atau dikelola masyarakat sendiri,” kata dia.

Meskipun masih dalam simulasi, wisata Sumber Banteng sudah mulai didatangi pengunjung, setelah ditutup kurang lebih 3 bulan.

Sebelumnya, selama penutupan pun masih saja ditemui wisatawan yang datang berkunjung kesana. Karena wilayah Kota Kediri saat itu masih dalam zona merah, kedatangan para pengunjung terpaksa ditolak.

“Saat itu ada banyak pengunjung yang berasal dari Nganjuk, datang kemari namun kita tolak,” kata Ketua Karang Taruna Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Deny Yulianto.

Deny Yulianto menambahkan, selama lokasi masa penutupan para pedagang yang biasa berjualan mengaku mengeluh kehilangan sumber pendapatan. Padahal sebelum pandemi, para pedagang yang memiliki stand di dalam lokasi dan area sekitar selalu laku.

“Terutama hari Minggu, disini selalu ramai didatangi pengunjung, yang datang mencapai ribuan. Mereka tidak hanya dari sekitaran Kediri, melainkan juga dari luar kota, seperti Nganjuk dan daerah lain,” ujar Deny Yulianto.

Sekedar informasi, wisata konservasi mata air Sumber Banteng, merupakan salah satu destinasi yang sudah ada sejak kurang lebih 3 tahun silam. Selain menawarkan konsep sumber mata air yang bersih, disini juga terdapat wahana bermain seperti flying fox, sewa perahu, sewa ban karet untuk berenang dan area selfie dengan panorama kerindangan pohon yang diperkirakan berusia ratusan tahun. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.