Jelang Mudik, Persiapan Infrastruktur di Jatim Capai 95 Persen

Yovie Wicaksono - 16 April 2022
Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Edi Paripurna. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Komisi D DPRD Jatim menilai persiapan infrastruktur jalan raya jelang arus mudik 2022, sudah mencapai 95 persen dan layak digunakan masyarakat.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Edi Paripurna mengatakan, telah melakukan kunjungan ke wilayah Malang dan Madiun untuk memastikan persiapan terminal B yang menjadi wewenang Pemprov Jatim.

“Dari Dinas Perhubungan yang menangani langsung menyatakan sudah menyiapkan langkah-langkah untuk persiapan mudik, terutama transportasi. Jadi sampai hari ini sudah siap digunakan masyarakat menuju ke kampung halaman masing-masing,” ujarnya, Jumat (15/4/2022).

Edi juga menekankan pentingnya memperhatikan kelayakan kendaraan umum yang akan digunakan pada masa angkutan mudik.

“Mengingat kendaraan umum kita seperti bus itu banyak yang produk tahun 80-90an, tentunya ini harus ada perhatian khusus soal kelayakan kendaraan. Baik masalah pengelolaan kendaraan, onderdil kendaraan mana yang perlu diganti dan lainnya,” katanya.

Selain kelayakan kendaraan, hal yang tak kalah penting adalah kondisi pengemudi. Karena kedua hal tersebut menjadi kunci mengurangi terjadinya angka kecelakaan.

“Tentunya kami menekankan kepada Dinas Perhubungan agar kedua hal ini benar-benar diperhatikan,” sambungnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, Dinas Perhubungan serta pihak terkait lainnya juga sudah memetakan dan melakukan antisipasi potensi kecelakaan di beberapa kawasan yang rawan diantaranya Madiun, Banyuwangi, hingga Bondowoso.

“Insya Allah Dinas Perhubungan dan pihak terkait akan membantu di hari H nya untuk memantau di jalan, terutama di daerah-daerah rawan, baik rawan lajur jalannya termasuk rawan wilayah daerahnya,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan kerja sama ini Jawa Timur akan zero kecelakaan, jangan sampai terjadi musibah yang tidak kita harapkan pada masa mudik lebaran 2022,” sambung Edi. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.