Jelang Libur Panjang Wafat Isa Almasih, Daop 8 Catat 12.353 Pelanggan Kereta Api

Yovie Wicaksono - 28 March 2024

SR, Surabaya – KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 12.353 pelanggan yang akan menggunakan KA jarak jauh pada Kamis (28/3). Dari data sementara tersebut, stasiun keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Surabaya Gubeng 3.685 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 3.281 pelanggan, Stasiun Malang 1.273 pelanggan, dan diikuti stasiun lain keberangkatan lain di Daop 8 Surabaya.

“Mayoritas pelanggan didominasi dengan KA jarak jauh tujuan Jakarta, Solo, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi,” ucap Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Luqman Arif menambahkan, volume pelanggan pada Kamis (28/3), meningkat hingga 40 persen dibanding minggu yang sama sebelumnya, yakni 8.000 pelanggan. Sementara itu untuk pelanggan pada Jumat (29/3) hingga Minggu (31/3) terpantau masih landai sama seperti minggu sebelumnya, dengan rata-rata 9.000 pelanggan per hari.

Namun demikian, dijelaskannya, jumlah okupansi pelanggan masih akan meningkat seiring penjualan tiket masih berlangsung. “Seiring dengan libur panjang, KAI Daop 8 Surabaya siap mengakomodir kebutuhan mobilisasi pelanggan yang akan menggunakan transportasi kereta api,” terangnya.

Ia mengatakan, pada libur panjang akhir pekan Wafat Isa Almasih dan juga Paskah, Kamis (28/3) hingga Senin (31/3), KAI Daop 8 Surabaya saat ini mencatat sebanyak 35.329 pelanggan akan menggunakan KA jarak jauh dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya. KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 43 KA jarak jauh reguler dan 4 KA jarak jauh tambahan, dengan kapasitas 27.226 tempat duduk per hari.

Sementara itu, pemesanan tiket Angkutan Lebaran 2024 pada Kamis (28/3), sebanyak 254.217 tiket untuk periode keberangkatan mulai 31 Maret hingga 21 April 2024. Dari data ini, untuk keberangkatan dari Daop 8 Surabaya pada arus mudik mulai 31 Maret hingga 9 April atau H-10 sampai dengan H-1 lebaran, tercatat sebanyak 135.150 tiket.

Stasiun keberangkatan terfavorit yaitu Stasiun Surabaya Gubeng dengan 45.400 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 38.297 pelanggan, Stasiun Malang 22.754 pelanggan, dan stasiun lainnya.

“Tanggal keberangkatan paling favorit yakni tanggal 5-9 April atau H-5 sampai dengan H-1 lebaran, dengan rata-rata 19.500 pelanggan per hari,” terangnya.

Sedangkan untuk arus balik lebaran keberangkatan mulai 12-21 April atau H+1 sampai dengan H+10 lebaran, telah dipesan sebanyak 98.061 tiket. Dengan keberangkatan paling tinggi yakni tanggal 12-16 April atau H+1 sampai dengan H+5, yang rata-rata 13.000 pelanggan per hari.

KAI Daop 8 Surabaya mengimbau kepada calon pelanggan untuk memastikan kembali jadwal perjalanannya dan menyediakan waktu yang cukup saat akan menuju stasiun sehingga tidak tertinggal KA. “Hal ini demi menjaga keselamatan perjalanan KA dan juga calon pelanggan,” pungkas Luqman Arif. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.