Hujan Deras Akibatkan Longsor di 3 Titik Tol Pandaan Malang

Yovie Wicaksono - 8 March 2022

SR, Malang – Ruas tol Pandaan-Malang mengalami longsor pada Selasa (8/3/2022), pukul 14.50 WIB. Area Manager Tol Pandaan-Malang, Kaswa mengatakan, longsor terjadi lantaran hujan deras yang turun sejak siang hingga malam hari hingga mengakibatkan longsor di tiga titik ruas tol Pandaan Malang.

Tiga titik pertama ada di KM 78+900 A atau Surabaya arah Malang kedua di KM 78+900 B atau dari Malang ke Surabaya. Ketiga di KM 77+800 B dari Malang ke Surabaya.

Kaswa menambahkan, longsor disebabkan saluran air yang tak mampu menampung debit air hujan. Hal ini mengakibatkan tebing yang ada di kiri dan kanan jalan tol longsor kemudian air keluar dari celah – celah tebing. Meski demikian, dipastikan tak ada korban jiwa dari pengendara yang melintas.

“Murni karena hujan deras sangat lebat sekali hujannya. Tidak ada yang jebol (saluran air), ini memang ada alirannya, karena debit alirannya tinggi besar makanya nampak seperti ini. Ini bukan jebol,” kata Kaswa, Selasa (8/2/2022) malam.

Akibat longsoran ini, lajur tol Surabaya ke Malang ditutup total, akibat adanya dua titik longsoran. Kendaraan dari Surabaya menuju Malang terpaksa dialihkan menuju keluar tol Purwodadi Pasuruan.

“Dampaknya untuk jalur Surabaya ke Malang menutup sampai setengah lajur dua apabila dilewati kendaraan itu akan mengakibatkan sedikit bahaya, jadi kita tutup total, kita keluarkan kendaraannya atau lalinnya dari Surabaya ke exit Purwodadi,” katanya.

Pihaknya pun memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dalam penanganan longsor ini.

“Kami mengimbau para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu, patuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan,” katanya. (*/red)

Tags: ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.