Gelar Virtual Cooking Class, Banteng Surabaya Hadirkan Masakan dari Buku Mustika Rasa

Yovie Wicaksono - 6 June 2021
Gelar Virtual Cooking Class, Banteng Surabaya Hadirkan Masakan dari Buku Mustika Rasa. Foto : (Super Radio)

SR, Surabaya – Masih dalam rangka memperingati Juni Bulan Bung Karno, PDI Perjuangan Kota Surabaya menggelar Virtual Cooking Class dan Talkshow yang dipusatkan di Kelurahan Bringin, Sambikerep, Surabaya pada Minggu (6/6/2021) sore.

Ketua DPC Taruna Merah Putih (TMP) Surabaya sekaligus penanggung jawab acara, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan, pada Virtual Cooking Class kali ini pihaknya sengaja menghadirkan chef millenial, Ghea Novianti yang akan mendemokan beberapa resep yang ada di dalam buku Mustika Rasa.

“Acara hari ini sengaja menghadirkan chef muda yang nanti akan mendemokan beberapa resep yang ada di dalam buku Mustika Rasa, yakni buku resep masakan nusantara yang diinisiasi oleh Bung Karno,” kata Seno.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Achmad Hidayat menambahkan, hadirnya buku Mustika Rasa ini sebagai bukti kepedulian Bung Karno terhadap urusan dapur.

“Dimana beliau yang menggagas dan menginisiasi lahirnya buku Mustika Rasa, yang itu dikumpulkan dari berbagai daerah yang merupakan makanan khas nusantara,” kata Achmad dalam sambutannya secara virtual.

Ia menambahkan, melalui buku Mustika Rasa ini, Bung Karno ingin mewujudkan konsep Trisakti, yakni berdikari di bidang ekonomi melalui ketahanan pangan dengan diversifikasi pangan lokal.

“Maka dari itu generasi muda harus gunakan dan gelorakan semangat beliau kalau masakan nusantara itu tidak kalah keren dan tidak kalah enak dengan masakan lainnya,” tandasnya.

Ia pun berharap, melalui kegiatan ini masyarakat Kota Surabaya bisa mendapat informasi dan mengulas buku Mustika Rasa, terlebih bisa mempraktikkan berbagai resep yang ada disana.

“Akan sangat luar biasa kalau resep yang ada di Mustika Rasa ini bisa dipraktikkan di dapur-dapur warga Kota Surabaya yang tentu tak hanya lezat, tapi juga bergizi,” tandasnya.

Adapun resep masakan yang di demokan oleh chef Ghea Novianti dalam kesempatan tersebut adalah asem-asem buncis dan tetelan sapi yang menjadi salah satu makanan favorit Bung Karno, serta balado ikan gurami dan klepon.

Sekadar informasi, turut hadir secara virtual dalam Virtual Cooking Class tersebut anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno dan akademisi Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi yang juga membahas terkait buku Mustika Rasa. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.