Eri Cahyadi Harap Duta Wisata Cak dan Ning 2023 Angkat Nama Surabaya di Kancah Internasional

Yovie Wicaksono - 19 November 2023

SR, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Grand final Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Kota Surabaya 2023 di Taman Surya, Balai Kota, Sabtu (18/11/2023) malam.

Malam Grand final yang menghadirkan 15 finalis pasangan Cak dan Ning Surabaya ini bertajuk “Kedigdayaan Arek Suroboyo”, yakni melambangkan ciri khas arek Suroboyo yang memiliki jiwa kuat, berani, kompak, bermental baja, kreatif, dan inovatif.

Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani, Paguyuban Cak dan Ning, para tamu undangan serta masyarakat Kota Pahlawan yang turut hadir menyaksikan langsung jalannya grand final tersebut.

“Saya berharap Paguyuban Cak dan Ning tidak pernah berhenti untuk mengenalkan tempat-tempat edukasi dan wisata Kota Surabaya di tingkat nasional, tetapi juga internasional. Karena Duta Cak dan Ning ini menjadi dutanya Kota Surabaya,” kata Wali Kota Surabaya yang akrab disapa Cak Eri Cahyadi.

Menurut Cak Eri, saat ini Surabaya semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini terlihat dari banyaknya tempat wisata baru di Kota Pahlawan, seperti Romokalisari Adventure Land dan Kebun Raya Mangrove. “Bahkan hari ini, bisa kita lihat di Taman Surya, kalau Sabtu malam Minggu sampai 8000 orang yang datang di Taman Surya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Cak Eri meminta kepada Cak dan Ning Surabaya mengetahui tempat-tempat wisata baru. Mereka diharapkan tidak hanya mengetahui pesona wisata alam, tetapi juga nilai-nilai sejarah Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Terlebih lagi, banyaknya tempat destinasi wisata bersejarah di Kota Surabaya seperti di antaranya, rumah lahir Presiden Pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno (Bung Karno), Rumah HOS Tjokroaminoto hingga Jembatan Merah yang menjadi saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajah.

“Maka tugas Cak dan Ning adalah ketika orang masuk ke Kota Surabaya, maka semangat pahlawannya harus terasa, maka aura kepahlawanannya harus terasa,” ungkap Cak Eri.

Cak Eri sangat yakin dan optimis, Duta Wisata Cak dan Ning mampu mengenalkan Surabaya lebih baik, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. Tentu hal ini juga perlu didukung dengan semangat dan kerja keras dari Paguyuban Cak dan Ning Surabaya.

“Ayo kita bangun Surabaya dengan kekuatan pemilihan Cak dan Ning ini. Karena Cak Ning ini adalah duta-duta pilihan Kota Surabaya yang memiliki kelebihan terkait dengan Kota Pahlawan,” jelasnya.

Di samping itu, ia juga berpesan kepada Cak dan Ning untuk terus mengubah Surabaya menjadi lebih baik dengan semangat kepemudaan. Menurutnya, pemuda adalah agen perubahan untuk Kota Surabaya menjadi lebih baik lagi.

“Saya berharap di pundaknya Paguyuban Cak Ning ini bisa membimbing adik-adiknya, bisa mengangkat nama Kota Surabaya dan Paguyuban Cak dan Ning harus bisa menyatukan pemuda-pemudi di Kota Pahlawan,” tandas Cak Eri.

Sekadar informasi, dalam acara ini akhirnya tim juri memutuskan Tio Ferdian dari Kecamatan Tambaksari dan Azelia Putri dari Kecamatan Tegalsari sebagai Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2023. (ag/red) 

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.