DPD PDI Perjuangan Jatim Terus Bergerak Kirimkan Masker Gratis untuk Masyarakat

Yovie Wicaksono - 2 May 2020
DPD PDI Perjuangan Jatim melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jatim mengirimkan bantuan masker ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi. Foto : (Super Radio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur (Jatim) terus mengebut pengerjaan masker dan tempat cuci tangan (padasan) di provinsi paling timur di Pulau Jawa ini. Masker yang sudah selesai dibuat, langsung didistribusikan ke masyarakat Jawa Timur melalui 38 DPC PDI Perjuangan se Jawa Timur, untuk dibagikan gratis.

Seperti pada Sabtu (2/5/2020), DPD PDI Perjuangan Jatim melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jatim mengirimkan 1000 masker ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi.

Sebelumnya, DPD PDI Perjuangan sudah mengirimkan tiga kali pengiriman paket sejumlah 27 padasan dan 3000 masker yang dikirim secara bergelombang. Pengiriman  pertama sejumlah 10 paket padasan dan 1000 masker, kemudian pengiriman kedua sejumlah 10 padasan dan 1000 masker. Pengiriman ke tiga sejumlah tujuh padasan. Serta hari ini, Baguna DPD PDI Perjuangan Jatim kembali mengirimkan 1000 Masker ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi.

Bukan hanya padasan dan masker yang dikirimkan ke masing-masing DPC PDI Perjuangan se Jatim, namun DPD PDI Perjuangan Jatim juga mengirimkan leaflet imbauan pentingnya cuci tangan dan sosial distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19 .

Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara menyampaikan, leaflet yang dikirimkan langsung dibagikan kepada masyarakat sebagai edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya cuci tangan, sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Padasan cuci tangan dan masker yang dikirimkan kepada kami langsung kami bagikan ke masyarakat melalui ketua-ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan se Kabupaten Banyuwangi,” ujar Made Cahyana Negara.

Sementara itu, ditempat terpisah, Kepala Baguna DPD PDI Perjuangan Jatim, SW Nugroho menyampaikan, pihaknya terus memproduksi masker secara massal untuk dibagikan gratis ke seluruh masyarakat se Jawa Timur.

“Saat ini pembuatan masker dan padasan cuci tangan masih terus berjalan. Kami terus mengebut pekerjaan dengan target sejuta masker dan seribu gentong air atau padasan cuci tangan dalam waktu tiga bulan,” kata Nugroho di Surabaya, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, seluruh kantor DPC PDI Perjuangan di 38 kabupaten/kota se-Jatim telah menerima pengiriman masker dan gentong air ini, yang terbagi dalam beberapa gelombang pendistribusian.

“Selain itu, ada juga masyarakat dan Ormas yang mendapat pendistribusian. Setiap hari di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim para tenaga sukarela dan kader-kader partai mengerjakan padasan cuci tangan dan masker. Siang masker dan gentong air jadi, malam langsung kami kirim ke daerah-daerah, untuk didistribusikan langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Nugroho menambahkan, untuk pembuatan masker pihaknya melibatkan sekitar 50-an penjahit.

“Untuk masker, kami targetkan antara 1 juta masker. Untuk gentong tempat air sekitar seribuan. Pekerjaan ini sudah berjalan sejak akhir Maret 2020 lalu,” urai Nugroho.

Bahkan untuk menjaga kebersihan masker yang diproduksi, DPD PDI Perjuangan Jatim melibatkan tenaga medis dalam pengawasannya. Termasuk menerapkan protokol cegah virus Corona di area kantor DPD PDI Perjuangan Jatim dengan memasang bilik semprot disinfektan sebelum memasuki pintu utama gedung.

Para aktivis partai termasuk penjahit juga melewati petugas pemeriksa suhu badan. Sementara di ruangan-ruangan yang ada, juga dilengkapi dengan hand sanitizier.

Masker yang jadi, sebelum dikemas dalam plastik, juga disemprot disinfektan. Demikian halnya untuk tempat penjahitan, selepas penjahit pulang kerja, dilakukan penyemprotan disinfektan dan dikunci untuk kemudian dipergunakan kembali esok harinya. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.