Dewanti Perintahkan Pemetaan dan Pendataan Masyarakat Terdampak Banjir Bandang

Yovie Wicaksono - 9 November 2021

SR, Batu – Untuk penanganan banjir bandang Bumiaji, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memerintahkan seluruh Kepala Desa dan Camat Bumiaji bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memetakan serta mendata masyarakat terdampak dan kerusakan sedetail mungkin. 

Hal tersebut disampaikan Dewanti dalam rapat koordinasi yang diikuti oleh Forkopimda Kota Batu, seluruh komando penanganan bencana banjir bandang, Camat Bumiaji, seluruh Kepala Desa Bumiaji dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas di Ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani Kota Batu, Senin (8/11/2021). 

Selain itu, Dewanti juga meminta adanya pengkajian apakah tanah yang terkena banjir bandang boleh dibanguni lagi atau tidak. 

“Jika tidak bisa dibangun maka harus dicarikan tanah pengganti dari tanah bengkok,” ujar Dewanti.

Dewanti juga menyampaikan, gudang makanan sudah penuh hingga 10 hari kedepan. Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat yang ingin berdonasi agar tidak memberikan bantuan berupa makanan ataupun uang. 

“Namun, akan lebih baik donatur diarahkan untuk memberikan bantuan dalam bentuk material untuk bangunan,” sambungnya.

Dewanti pun berharap ada koordinasi dengan Kementerian terkait untuk memperbaiki gunung dan menyediakan shelter untuk mengantisipasi banjir susulan. 

“Rencananya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa akan mengikuti susur sungai yang akan dilaksanakan sekitar 2-3 hari kedepan,” katanya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.