Ciptakan Kampung Ketahanan Pangan, Achmad Hidayat Serahkan Bantuan IPAL

Yovie Wicaksono - 4 July 2021
Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan kota Surabaya Achmad Hidayat (Kiri), Memberikan Bantuan IPAL untuk Kampung Cendana Perak Barat Surabaya, Sabtu (3/7/2021). (Foto : Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surabaya Achmad Hidayat, menyerahkan bantuan berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di kampung Cendana Perak Barat, Surabaya, Sabtu (3/7/2021).

Achmad mengatakan, IPAL tersebut diolah dari air selokan, dan berfungsi sebagai pupuk guna menyirami tanaman pangan sehingga subur dan hasil panen meningkat. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat selama PPKM darurat Jawa-Bali.

“Insya Allah kalau bersungguh-sungguh akan memberikan hasil yang optimal, saya harap kampung lain dengan potensi masing-masing juga bisa bangkit,” tegas Politisi Muda PDI Perjuangan tersebut.

Ia juga turut mengapresiasi kemampuan masyarakat setempat, yang dapat memanfaatkan lahan kosong, dengan bercocok tanam sawi, cabai, terong, serta berternak 80 ayam petelur, 60 ayam kampung, dan lele.

“Kampung Cendana Perak Barat menjadi contoh, supaya warga kampung bergotong-royong untuk melakukan upaya berdikari dalam urusan pangan contohnya dengan urban farming,” ujar Achmad.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua RT 03 kampung Cendana, Kusnadi, juga mengatakan, dari hasil beternak dan bercocok tanam itu, tiap panen akan dibagikan ke para warga.

“Dalam sehari kami memproduksi 3 kilogram telur dan dibagikan pada warga kampung,” ujar Kusnadi. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.