Bingung Mengolah Daging Kambing? Berikut Tipsnya

Yovie Wicaksono - 31 July 2020
Ilustrasi daging kambing. Foto : (SHUTTERSTOCK/SRI WIDYOWATI)

SR, Surabaya – Perayaan Iduladha tak pernah lepas dari melimpahnya daging kurban, baik daging sapi maupun kambing. Berbeda dari daging sapi, pengolahan daging kambing yang tidak tepat akan membuat daging menjadi alot dan berbau khas.

Berikut adalah tips untuk mengolah daging kambing agar empuk dan jauh dari bau yang berhasil dilansir Super Radio dari berbagai sumber :

1. Buang bagian lemak pada daging

Bau khas daging kambing ini berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging kambing.Oleh karena itu, sebaiknya buang bagian lemak sebelum dimasak.

2. Daging tidak perlu dicuci

Mencuci daging kambing justru membuat bau amis daging semakin tajam dan teksturnya lebih alot.

3. Hilangkan bau amis dengan jeruk nipis

Bau amis dapat berkurang dengan menggunakan perasan jeruk nipis yang mampu membunuh bakteri. Setelah dibaluri, diamkan daging selama setengah jam lalu bersihkan.

Selain jeruk nipis, garam juga bisa membantu mengurangi bau. Gunakan garam dengan butiran agak kasar dan besar, remaskan pada daging dan diamkan selama sekitar satu jam.

4. Nanas atau daun pepaya

Cara mengolah daging kambing agar empuk adalah menggunakan daun pepaya dan nanas. Daun pepaya mengandung zat papain yang membuat daging empuk tanpa perlu dimasak lama. Remas dan bungkus daging kambing yang sudah dipotong lalu bungkus dengan daun pepaya. Diamkan hingga satu jam.

Selain itu, nanas juga sering digunakan untuk mengempukkan daging kambing, karena nanas mengandung bromelain sehingga mampu menguraikan serat-serat daging. Cukup haluskan nanas dan balurkan pada potongan daging kemudian diamkan selama satu jam.

5. Marinasi

Marinasi atau rendam daging dalam larutan bumbu-bumbu seperti daun jeruk, bawang putih dan ketumbar selama beberapa waktu dapat membuat daging lebih empuk dan bumbu lebih meresap sehingga bau amis hilang.

6. Rebus daging dengan rempah

Cara mengolah daging kambing agar tidak bau bisa dibantu dengan ragam rempah. Caranya, lumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe dan diamkan sebentar sebelum dimasak atau rebus daging kambing dengan bumbu aromatik seperti daun jeruk, serai, hingga kayu manis dan cengkeh.

Nah, bagi anda yang ingin membuat masakan dengan menu utama daging kambing, bisa mencoba enam cara tersebut. Jika bisa mengolah dengan baik, masakan dengan bahan dasar daging kambing, tentu akan nikmat  dan lezat rasanya. (*/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.