Begini Tanda-tanda Fisik, Pemikiran dan Perilaku Anak dengan Down Syndrome

Yovie Wicaksono - 12 January 2023
Ilustrasi. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Para orang tua perlu mengetahui tanda-tanda down syndrome sedini mungkin sejak fase awal tumbuh kembang anak.

Down syndrome adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak normal, sehingga menghasilkan salinan kromosom 21 ekstra di semua atau sebagian sel. Material genetik tersebut mengubah cara otak dan tubuh berkembang, sehingga memengaruhi perkembangan berpikir dan fisik.   

Down syndrome merupakan kelainan kromosom genetik yang paling umum dan penyebab ketidakmampuan belajar pada anak-anak. 

Gangguan genetik ini juga sering menyebabkan kelainan medis lainnya, termasuk gangguan jantung dan pencernaan. Sehingga, penderita down syndrome memerlukan perlakuan atau perawatan khusus agar kualitas hidupnya tetap terjaga. 

Tanda-tanda down syndrome umumnya bisa dilihat dari fitur wajah orang bersangkutan, meskipun tidak semua memiliki ciri yang sama. 

Mengutip National Institute of Child Health and Human Development (NICHD), gejala down syndrome dari segi fisik diantaranya: 

  1. Tonus (tenggangan) otot menurun atau buruk 
  2. Leher pendek, dengan kulit berlebih di bagian belakang leher 
  3. Fitur wajah dan hidung yang rata 
  4. Kepala, telinga, dan mulut kecil 
  5. Mata sipit ke atas, sering kali dengan lipatan kulit yang keluar dari kelopak mata atas dan menutupi sudut dalam mata 
  6. Bintik putih pada bagian mata yang berwarna (disebut bintik Brushfield) 
  7. Tangan dan kaki kecil 
  8. Sebuah lipatan tunggal yang dalam di telapak tangan 
  9. Alur yang dalam antara jari kaki pertama dan kedua 

Selain itu, perkembangan fisik pada anak down syndrome sering kali lebih lambat dibandingkan perkembangan anak tanpa down syndrome. Meski mengalami perkembangan fisik yang lambat, anak-anak dengan down syndrome dapat belajar berpartisipasi dalam aktivitas fisik, seperti orang normal lainnya.  

Selain dari segi fisik, tanda-tanda down syndrome pada segi pemikiran atau kognitif serta perilaku di antaranya: 

  1. Rentang perhatian pendek atau kurang fokus 
  2. Penilaian yang buruk 
  3. Berperilaku impulsif 
  4. Kemampuan belajar lambat 
  5. Perkembangan bahasa dan bicara yang tertunda 
  6. Sebagian besar anak-anak dengan down syndrome mampu mengembangkan keterampilan komunikasi, meskipun mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukannya dibandingkan dengan anak-anak lain. 

Gejala down syndrome di atas merupakan gambaran umum, tetapi tidak semua orang dengan down syndrome memiliki seluruh ciri-ciri tersebut. Gejala down syndrome setiap orang bisa berbeda tergantung pada tingkat keparahan kondisinya. (*/vi/red)

Tags:

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.