Armuji Pastikan Tarif Swab PCR Maksimal Rp 495 Ribu

Yovie Wicaksono - 27 August 2021
Wakil Wali Kota Surabaya,  Armuji saat Meninjau Laboratorium, Jumat (27/8/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya,  Armuji memastikan harga swab PCR di wilayah setempat sudah sesuai dengan ketentuan dari Pemerintah Pusat.

Hal ini dikatakannya saat meninjau dua laboratorium, yakni Parahita di Jalan Dharmawangsa dan Swab Drive Thru National Hospital Jalan Biliton, Jumat (27/8/2021).

“Saya memastikan bahwa harga SWAB PCR di Kota Surabaya sudah turun sesuai ketentuan dari Pemerintah Pusat melalui Edaran Kementerian Kesehatan,” kata pria yang akrab disapa Cak Ji ini.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan telah menetapkan tarif tertinggi pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Rp 495 ribu untuk Jawa dan Bali, serta Rp 525 ribu untuk luar Jawa dan Bali. 

Tarif tersebut ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021 Tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Armuji menyebut, makin terjangkaunya tarif Swab PCR akan membuat presentasi testing di Kota Surabaya semakin tinggi, sehingga tracing dan mitigasi pengendalian infeksi Covid-19 lebih terkendali. 

Selain itu, menurunnya angka infeksi Covid-19 juga dapat terus dipertahankan sehingga kota Surabaya menjadi zona hijau.

“Walaupun dalam peta risiko Surabaya menjadi zona oranye, tetap secara berkala kita mantapkan testing, tracing dan therapy. Kebijakan layanan kesehatan disiapkan secara matang dan long term untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan,” ujar Armuji.

Ia menambahkan bahwa kebijakan turunnya tarif SWAB PCR disambut baik oleh berbagai pihak, serta berharap agar selanjutnya untuk obat-obatan juga dapat dipastikan persediaannya aman dan harga terjangkau.

“Ayo semua warga saling di awasi dan laporkan kalau ada yang melebihi ketentuan pemerintah,” imbuhnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.