Apresiasi Pelatihan Kejuruan, Gus Sunoto: Kalau Perlu Dimodali

Yovie Wicaksono - 3 November 2021

SR, Kediri – Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto mengapresiasi program latihan kejuruan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur yang diinisiasi Ketua Komisi E DPRD Jatim, Wara Sundari Renny Pramana.

Pelatihan yang diberikan mencakup tiga kelompok kejuruan, yakni pembuatan roti dan kue, furniture kayu, serta bidang menjahit pakaian.

Setelah mengikuti pelatihan yang berlangsung selama 30 hari di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Kediri, Jalan Teuku Umar, Kelurahan Ngadirejo, Kota Kediri, kata Gus Sunoto, kemampuan para peserta di bidangnya masing-masing sudah terlihat.

Menurut Gus Sunoto, para peserta yang terlibat dalam pelatihan ini memiliki potensi cukup bagus. Hal ini dapat dilihat, misalnya peserta pelatihan bidang furniture, hasil karya yang mereka buat selama pelatihan, sangat bagus. Bahkan beberapa hasil karya mereka, sudah laku terjual. 

“Garapan furniturenya bagus, malah sudah ada yang terjual,” kata Gus Sunoto, saat menghadiri penutupan pelatihan, di kantor DPC Kota Kediri, Rabu (3/11/2021).

Pun demikian dengan peserta pelatihan bidang lainnya, yakni bidang pembuatan roti dan kue, serta bidang menjahit.

“Masakannya enak serta hasil jahitan pakaian sangat bagus. Hasilnya sudah dipasarkan, ke depannya nanti kita arahkan kalau perlu dimodali sehingga peserta dapat menggunakan ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut,” ujarnya.

 

Gus Sunoto pun mengajak para peserta pelatihan agar tetap menjaga kerukunan dan kekompakan, agar kedepannya mereka bisa ikut dilibatkan lagi dalam program lanjutan .

Sementara itu, Kasi Pelatihan dan Sertifikasi UPT Balai Latihan Kerja Kediri Devan Novendi menambahkan, setiap kelompok peserta terdiri dari 16 orang. Warga yang ikut dalam kegiatan pelatihan kejuruan didominasi usia produktif. 

“Orientasi kita, kita kasih bekal mereka agar bisa mandiri dalam usaha untuk meningkatkan taraf hidup,” terangnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.