Manfaat Daun Kelor, Turunkan Risiko Kanker dan Cegah Penyakit Jantung

Yovie Wicaksono - 8 July 2020
Ilustrasi. Foto : (Mohamed Abdulraheem/ Shutterstock)

SR, Surabaya – Bagi masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di Jawa, daun kelor dikenal memiliki ragam manfaat. Mulai sebagai sarana tolak bala, “membuang” ajimat hingga diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Healthline, daun kelor memiliki kandungan vitamin C, kalsium, kalium, protein hingga zat besi berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah hindari konsumsi akar tanaman kelor karena mengandung zat beracun. Selain itu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi daun kelor, karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya dikhawatirkan menyebabkan komplikasi selama masa kehamilan hingga terjadi keguguran.

Selanjutnya, simak manfaat daun kelor bagi kesehatan berikut ini.

Menurunkan Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Salah satu cara alternatif dan efektif mencegah penyakit kanker adalah mengkonsumsi daun kelor.

Daun kelor mengandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Daun kelor dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga menjadi penyebab tingkat kematian yang tinggi di dunia. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi daun kelor.

Daun kelor memiliki kandungan zat besi, kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara rutin.

Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka dapat membahayakan kesehatan tubuh. Kelebihan gula darah dapat menimbulkan masalah kronis, seperti penyakit jantung hingga stroke. Cara mengatasi penyakit diabetes salah satunya mengonsumsi daun kelor.

Kandungan senyawa berupa isothiocyanate pada tanaman ini berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukan seseorang yang mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21%.

Mencegah Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah penyakit yang saat ini banyak terjadi. Penyebabnya mulai pola makan, pola hidup yang tidak teratur hingga malas berolahraga.

Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi daun kelor yang memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate. Fungsinya adalah membantu menurunkan berat badan.

Selain itu kandungan bioaktif pada daun kelor juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun kelor lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imunitas tubuh.

Kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Daun kelor memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah radikal bebas.

Mencegah Peradangan

Radang merupakan jenis penyakit yang ditandai cedera, seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh. Peradangan apabila tidak segara diatasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

Manfaat daun kelor satu ini sangat baik untuk mencegah peradangan. Pasalnya daun kelor memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi efektif meredakan peradangan. Selain itu, mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

Masih penasaran dengan manfaat daun kelor? Tidak ada salahnya untuk mencoba. Jika masih ragu, bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan yang berkompeten. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.