Antisipasi Lonjakan Perjalanan Pasca Lebaran, Kemenhub Tingkatkan Random Testing

Yovie Wicaksono - 13 May 2021
Suasana di pelabuhan ASDP Ketapang, yang terlihat lengang karena ada pembatasan untuk Pemudik yang akan menyeberang ke Bali atau sebaliknya. Foto : (Super Radio/Fransiscus Wawan)

SR,Jakarta – Kementrian Perhubungan akan meningkatkan random testing Covid – 19. Sasarannya adalah para pengguna angkutan jalan baik roda dua maupun kendaraan pribadi roda empat.

Random testing ini adalah untuk mengantisipasi mobilitas penduduk pasca lebaran. Nantinya, Kementrian Perhubungan akan menggunakan berbagai akses jalan baik itu jalan tol, jalan arteri maupun jalan jalan kecil lainnya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, random testing akan dilakukan, terutama pada saat lonjakan perjalanan pasca lebaran pada 16 dan 20 Mei 2021.

“Dari survei yang kami lakukan perjalanan pasca lebaran ini diprediksi terjadi lonjakan H+3 atau H+7 lebaran atau sekitar tanggal 16 dan 20 Mei 2021,” katanya, Kamis (13/5/2021).

Disebutkan, saat ini sudah tercatat lebih dari 1 juta orang lebih meninggalkan Jabodetabek. Mereka menuju ke Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan pulau Sumatera.

“Sudah tercatat lebih dari satu setengah juta orang keluar dari Jabodetabek, menuju beberapa daerah utama seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur. Dan juga menuju Sumatera melalui Lampung khususnya ketika melakukan perjalanan dan penyeberangan,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.