Antisipasi Gempa Megathrust, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana di Pacitan

Yovie Wicaksono - 19 March 2021
Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur saat memberikan edukasi dan sosialisasi untuk meningkat kapasitas Tagana Muda di Pacitan. Foto : (Istimewa)

SR, Pacitan – Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan sosialisasi, pelatihan dan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) berbasis kawasan di sejumlah kabupaten di Jawa Timur yang masuk dalam kategori mitigasi rawan bencana.

Upaya ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada warga terkait adanya ancaman gempa Megathrust khususnya di wilayah selatan Jawa Timur.

Tak hanya itu, menurut fasilitator dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Twi Adi mengatakan, pihaknya juga meningkat kapasitas Tagana Muda di Pacitan.

“Mereka akan diperkenalkan pada peran dan fungsinya sebagai relawan KSB yang nanti akan terbagi dalam beberapa tIm yakni tim Posko, Gardu sosial, Dapur Umum, Shelter, Evakuasi, Tim reaksi cepat (TRC), dan Logistik (lumbung sosial),” kata Twi Adi dalam keterangan tertulis, Jumat (19/3/2021).

Sementara itu, instruktur dari Kemensos, Adoxz Hermawan mengatakan, dalam kegiatan ini peserta harus disamakan dulu pola pikirnya. 

“Mereka harus disamakan dulu mindset-nya bahwa setelah ini mereka akan jadi relawan kebencanaan dengan nama Kampung Siaga Bencana atau KSB,” ujar Adoxz. 

Selama tiga hari, lanjutnya, mereka diberikan pemahaman sosialisasi dan pelatihan dengan tujuan membentuk tenaga relawan yang siap segala sesuatunya sebagai relawan dalam penanganan bencana baik pada pra saat dan pasca bencana. 

Peserta juga diberikan materi terkait kebijakan Kementerian Sosial dalam rangka pengurangan risiko bencana yang disampaikan oleh Pekerja Sosial Madya Kementerian Sosial Edy Suwarna. 

“KSB yang dibentuk dengan nama Jangkar Grindulu yang diambil dari nama sebuah sungai terbesar di Pacitan yang keanggotaannya melibatkan dua desa yakni Desa Kembang dan Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa timur,” imbuh Edy. 

Adapun acara sosialisasi dan pelatihan yang digelar selama tiga hari ini, akan diakhiri dengan acara HUT Tagana yang ke-17 di Pantai Pancer Door, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur pada Sabtu (20/3/2021). (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.