Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat di Wilayah Jatim

Yovie Wicaksono - 19 May 2021
Logo BMKG

SR, Surabaya – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda mengimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca hujan dengan Intensitas sedang hingga lebat  disertai petir dan angin kencang, besok (20/5/2021) pagi di wilayah Trenggalek, Kabupaten Malang, dan Lumajang.

Kepala Seksi data dan Informasi BMKG Klas I Juanda, Teguh Tri Susanto, Rabu (19/5/2021) mengatakan, sementara terjadi siang hingga sore hari berpotensi hujan di wilayah Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, kabupaten Kediri, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo.  Sedangkan malam hari berpotensi diwilayah Ngawi, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk cuaca pada Jumat (21/5/2021), kondisi yang sama terjadi pada pagi hari berpotensi di wilayah kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kabupaten Malang,  dan Kabupaten Pasuruan.  Sedangkan pada siang-sore  hari berpotensi di wilayah kabupaten Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Malang, Batu,  Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

“Sementara hujan terjadi pada malam hari berpotensi di wilayah Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Berdasarkan data dari Pusat Meteorologi Maritim memperkirakan cuaca diperairan Jatim arah angin dari Timur – Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut  Jawa bagian timur 18 knots dan Samudera Hindia selatan Jatim 14 knots. Untuk tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur antara 0,3-1,8 meter dan di Samudera Hindia selatan Jatim antara 1,0-2,5 meter. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.