Sri Untari Ajak Masyarakat Lestarikan Kearifan Lokal

Yovie Wicaksono - 22 November 2022

SR, Malang – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno mengajak seluruh elemen masyarakat, utamanya generasi milenial agar turut serta dalam upaya merawat berbagai peninggalan sejarah di Kabupaten Malang.

Seperti di Kecamatan Bantur, menurut Untari, masih banyak masyarakatnya konsisten melanjutkan tradisi dan budaya yang diwariskan para leluhurnya. Untari minta kecintaan dan semangat untuk merawat budaya ini terus dilestarikan.

“Sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi penerus untuk turut melestarikan dan mencintai peninggalan budaya yang telah diwariskan para leluhur kita,” kata Untari dalam kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Balai Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Senin (21/11/2022).

Sebagai kader PDI Perjuangan, dia menyebutkan bahwa Bung Karno telah mencetuskan konsep Trisakti sebagai jalan menuju Indonesia Emas. Yang pada poin ketiga trisakti, berbunyi berkepribadian dalam kebudayaan.

Berkepribadian dalam kebudayaan itu, jelas dia, bisa diwujudkan jika setiap warga negara mengilhami nilai-nilai luhur yang ditinggalkan para leluhurnya, yang harus dijalankan dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat sehari-hari.

“Untuk tahu, bahwa kita bukan bangsa yang ecek-ecek. Kita bangsa yang besar dengan nenek moyang yang luar biasa. Bukan bangsa tempe, tapi bangsa yang hebat,” terangnya.

Ia pun mengajak masyarakat Kecamatan Bantur untuk mengadakan sebuah event kebudayaan guna menggugah kembali minat dan kecintaan masyarakat terhadap budayanya.

Seperti halnya yang pernah dia lakukan bersama masyarakat di Desa Kesamben, Kecamatan Ngajum, Desa Sitirejo Kecamatan Wagir, dan Sananrejo Kecamatan Turen, ketika bersama warga setempat pihaknya menggelar parade kebudayaan yang berhasil menghibur ribuan masyarakat.

Menurut Untari, berbagai event parade kebudayaan ini adalah tindak lanjut dari instruksi yang disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kepada seluruh jajaran partai untuk turut dalam upaya melestarikan peninggalan budaya.

“Inilah kearifan lokal kebudayaan kita, yang kita semua oleh Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) diinstruksikan untuk melestarikan. Untuk apa dilestarikan, agar kita tidak lupa jatidiri kita sebagai orang Indonesia,” tutur Untari. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.