Seorang Pedagang Reaktif Covid-19, Pasar Banjar Kediri Tutup 3 Hari

Yovie Wicaksono - 11 May 2020
Penyemprotan disinfektan di pasar tradisional Banjaran, Kota Kediri, Minggu (10/5/2020). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Terkait adanya temuan salah satu pedagang di pasar tradisional Banjaran, Kota Kediri yang dinyatakan reaktif Covid-19, tim posko siaga pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan, Minggu (10/5/2020).

Penyemprotan dilaksanakan di setiap sudut lapak para pedagang sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus, sementara waktu selama tiga hari pasar Banjaran juga terpaksa ditutup.

Dalam kegiatan penyemprotan tersebut turut serta  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri, Fauzan Adima.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan ke pasar Banjaran, tim posko siaga pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 Kota Kediri  juga melakukan upaya preventif yang dilakukan di pasar tradisional Kelurahan Bandar Lor Kota Kediri.

“Setelah pasar Banjaran, kita bergeser melakukan penyemprotan di pasar Bandar,” Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri, Adi Sutrisno.

Sementara itu Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam keterangannya mengatakan jika pedagang yang sudah dinyatakan positif melalui rapid test tersebut berstatus warga Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.

“Kebetulan yang bersangkutan berjualan di pasar Banjaran Kota Kediri, bapak ibu untuk pelanggan pasar Banjaran sementara waktu ditutup, Minggu sampai dengan Selasa 3 hari untuk sterilisasi pasar Banjaran,” ujar Abdullah Abu Bakar.

Ia juga mengimbau kepada para pedagang untuk tetap mematuhi instruksi atau anjuran dari pemerintah daerah.

Diketahui jika selama ini, pasar Banjaran Kota Kediri mayoritas para pedagangnya lebih banyak berjualan hewan jenis unggas, seperti halnya  ayam dan bebek. Selain itu disana juga ada beberapa tempat melayani jasa pemotongan hewan.

Lokasi pasar Banjaran sendiri berada di perbatasan antara wilayah Kota Kediri dengan Kabupaten Kediri.

Setiap harinya, pasar Banjaran selalu ramai didatangi oleh para pengepul atau  pedagang hewan dari wilayah Kabupaten Kediri yang menjual hewan ternaknya disana.

Disamping menjual hewan jenis unggas, disana juga menjual aneka segala kebutuhan bahan  pokok. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.