Rumah Damai Solusi untuk Selesaikan Konflik Warga 

Yovie Wicaksono - 5 November 2020
Kepala Desa Jambewangi, Maskur, bersama Babinkamtibmas Polsek Sempu Brigadir Oky Heru Prasetya dan perangkat desa sedang diskusi dengan warga. Foto : (Super Radio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Sesuai dengan namanya, Rumah Damai adalah sebuah rumah yang dipergunakan untuk menyelesaikan segala konflik  dan mendamaikan permasalahan yang terjadi di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi.

Rumah Damai yang di desain sangat ramah dan terkesan mirip dengan warung kopi ini, menjadi rumah solusi bagi warga yang berkonflik, dan dalam rumah ini warga dapat menyelesaikan segala konflik masalah di tingkat desa tersebut, agar tidak merambat ke ranah hukum di kepolisian atau pengadilan. Tentunya dalam menyelesaikan setiap masalah atau konflik warga, selalu dimediasi oleh Babinkamtibmas/Babinsa dan perangkat desa setempat.

Dengan menggunakan bangunan milik desa atau lebih tepatnya, bagian dari bangunan di lingkungan balai desa, Rumah Damai ini didirikan. Ditempat itu juga disediakan warung kopi, sebagai tempat diskusi untuk warga dan menyerap aspirasi serta keluh kesah dari warga Desa Jambewangi. 

Saat ditemui Super Radio pada Kamis (5/11/2020), Kepala Desa Jambewangi, Maskur mengatakan, sebelum di dirikan Rumah Damai, di sepanjang jalan poros Desa Jambewangi yang masih merupakan areal persawahan yang cukup luas, rawan sekali akan tindak kriminal pembegalan.

“Disekitar desa kami dulu rawan sekali dengan adanya laporan warga tentang pembegalan. Terutama di poros jalan keluar Desa Jambewangi,” ungkap Maskur. 

Namun dengan dibangunnya Rumah Damai, tindak kriminal dapat di tekan, karena selain sebagai rumah untuk menyelesaikan sengketa warga, Rumah Damai juga sebagai tempat tongkrongan warga desa.

“Ditempat ini, warga bisa diskusi, keluh kesah sambil ngopi. Lebih gayeng dan penuh kekeluargaan yang mereka obrolkan,” tambahnya.

Dikatakan juga oleh Maskur, Babinkamtibmas Polsek Sempu Brigadir Oky Heru Prasetya juga turut serta dalam membina dan mengarahkan warga desa yang sedang dirundung persoalan ataupun mengadu tentang apa yang dialaminya. Brigadir Oky Heru Prasetya selain sebagai mediator dalam menyelesaikan semua persoalan warga, dia juga pencetus berdirinya Rumah Damai.

“Apa yang dilakukan oleh Brigadir Oky Heru Prasetya patut kita acungi jempol. Karena perangkat desa juga ikut terbantu dengan hadirnya ide beliau mendirikan Rumah Damai ini, dalam mengatasi konflik warga,” ungkap Maskur.

Sementara itu, Kapolsek Sempu Iptu Rudy Sunaryanto membenarkan jika pendirian Rumah Damai ini hasil ide dari Brigadir Oky Heru Prasetya. Bahkan Rudy Sunaryanto sangat bangga dengan ide cemerlang dan kinerja dari anak buahnya ini. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.