PSBB Berakhir, KBS Masih Tutup

Yovie Wicaksono - 10 June 2020
Ilustrasi Kebun Binatang Surabaya. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya telah berakhir pada Senin (8/6/2020), Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih ditutup sementara.

Humas Kebun Binatang Surabaya, Wini Hustiani mengatakan, berdasarkan instruksi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, penutupan sementara ini diperpanjang hingga Rabu (17/6/2020) mendatang.

Wini mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus mempersiapkan berbagai hal guna menyambut kenormalan baru (new normal) ketika KBS kembali dibuka.

“Kami sedang merapatkan SOP (Standar Operasional Prosedur), bagaimana persiapannya pada saat nanti misalkan new normal sudah dimulai,” ujar Wini.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah terkait pembatasan jumlah pengunjung KBS dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Jadi mungkin nanti apakah satu hari itu seribu (pengunjung) atau mungkin kurang dari seribu. Nah ini masih kita bicarakan bersama. Yang jelas tidak akan lebih dari seribu, karena ini bukan untuk kebaikan pribadi atau golongan, tapi demi kebaikan kesehatan bersama. Baik tamunya, kondisi karyawannya, terutama pada satwanya,” ujarnya.

Pada situasi normal sebelum corona, lanjutnya, dalam satu hari rata-rata jumlah pengunjung KBS pada hari kerja adalah sebanyak 3000-4000 orang. Sementara pada akhir pekan jumlah pengunjung per hari bisa mencapai lebih dari 10.000 orang.

“Cuma ini nantikan kita belum tau ya, karena kondisinya juga lagi pas ada corona. Makanya kita membatasi jumlah pengunjung antara 500-1000 orang per hari, baik pada hari kerja maupun akhir pekan,” tandasnya.

Pada saat kembali dibuka, Wini menegaskan, pihaknya juga akan terus mengimbau para pengunjung yang datang agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Nanti tetap kita sampaikan begitu didepan, walaupun sudah ada spanduk dan arahan, nanti kita akan sampaikan lagi untuk jangan lupa pakai masker, jangan lupa cuci tangan, kemudian nanti pada saat didalam juga kita ingatkan untuk jaga jarak,” katanya.

Sekedar informasi, KBS melakukan penutupan sementara dalam rangka mencegah penyebaran virus corona sejak 17 Maret 2020. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.