Presiden Undang Syamsuri Firdaus Juara MTQ Internasional ke Istana

Yovie Wicaksono - 28 May 2019
Presiden Joko Widodo bertemu dengan pemenang MTQ Internasional ke-7 di Istanbul, Turki, Syamsuri Firdaus, Selasa (28/5/2019). Foto : (Biro Pers Presiden)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo bertemu dengan pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-7 di Istanbul, Turki, Syamsuri Firdaus. Pertemuan Presiden dengan qari muda asal Nusa Tenggara Barat tersebut dihelat di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (28/5/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Syamsuri didampingi oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin. Sementara Presiden Jokowi tampak didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Usai pertemuan, Syamsuri bercerita kepada para jurnalis jika dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi menanyakan momen saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan selamat kepadanya di atas panggung. Syamsuri bercerita, Presiden Erdogan bertanya pada dirinya bagaimana ia bisa belajar menjadi qari dengan suara yang tinggi, bahkan memuji keindahan suaranya.

“Saya menjawab Alhamdulillah, ini adalah nikmat Allah. Habis itu dia peluk saya dan Alhamdulillah saya merasa terharu, sedih, campur bahagia dan memang luar biasa,” ujarnya.

MTQ Internasional ke-7 digelar pada 20-25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Istanbul. Dalam ajang tersebut, Syamsuri berhasil mengalahkan peserta dari 68 negara lainnya.

Saat sesi penyerahan penghargaan, Presiden Recep Tayyip Erdogan memberikan langsung penghargaan sekaligus ucapan selamat kepadanya. Bahkan, Presiden Erdogan mengunggah momen tersebut dalam akun Instagram resmi miliknya @rterdogan.

“Barakah Quran saya bisa bertemu Presiden Erdogan lebih-lebih Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi,” tutur mahasiswa semester 4 jurusan Sastra Arab Universitas Indonesia itu.

Syamsuri menuturkan, Presiden Jokowi berpesan kepadanya agar tetap semangat, bersungguh-sungguh, dan terus meningkatkan prestasinya.

“Untuk teman-teman MTQ, yang berjuang dalam mendekatkan diri dengan Alquran, yang senantiasa berinteraksi dengan Alquran, tetap semangat dan berjuang dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan dan mensyiarkan Alquran untuk memotivasi generasi penerus bangsa,” katanya.

Ia pun merasa bersyukur mendapatkan hadiah dari Presiden Jokowi. Hadiah itu akan ia gunakan untuk memberangkatkan kedua orang tuanya ibadah haji ke Tanah Suci.

“Insyaallah hadiahnya saya pergunakan untuk memberangkatkan haji kedua orang tua,” ucapnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.