Peringati Maulid Nabi dengan Berebut Uang Receh di Masjid Kediri

Yovie Wicaksono - 9 November 2019
Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menyebar uang receh untuk diperebutkan di dalam masjid. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR,Kediri – Pengurus Masjid Wakaf di Kelurahan Jamsaren, Kota Kediri,  memiliki cara unik dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (8/11/2019) malam, yakni dengan menyebar uang receh untuk diperebutkan di dalam masjid. Hal tersebut merupakan tradisi turun temurun.

“Sejak saya lahir tahun 1965, kegiatan ini sudah ada,” ujar Anggota Takmir Majid Wakaf Jamsaren, Zubaidi Ansori

Ia menambahkan, uang receh yang dibagikan kepada anak-anak kurang lebih sebanyak Rp5 juta yang berasal dari uang para jamaah masjid yang diberikan secara sukarela.

Zubaidi mengaku, telah mengumpulkan pecahan uang receh sejak satu tahun lalu dari hasil menabungnya yang kemudian terkumpul Rp500 ribu.

“Tadi uang yang saya bagikan Rp500 ribu. Uang itu hasil dari menabung selama satu tahun. Niatnya shodaqoh buat anak-anak agar lebih mencintai masjid,” ujarnya.

Selain memberi motivasi anak-anak agar mencintai masjid, kegiatan ini juga bagian dari syiar sekaligus mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sekedar informasi, sebelum uang receh tersebut di sebar, terlebih dahulu para jamaah melaksanakan salat Maghrib dan Isya. Setelah selesai, kegiatan perebutan uang receh baru dilaksanakan. Mereka yang ikut rebutan uang receh ini, pada umumnya kategori usia 5 – 11 tahun, baik laki-laki maupun perempuan.

Mereka saling berebut, saat pecahan uang dilemparkan. Meski terjadi kontak fisik saling bersenggolan hingga terjatuh. Namun mereka tidak marah dan tetap fokus memperebutkan uang.

Selain acara perebutan uang receh, momentum peringatan Maulid Nabi Masjid Wakaf Kelurahan Jamsaren, Kota Kediri juga mengadakan Ziarah Wali Madura. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.