Pemprov Jatim Terima Penghargaan Indonesia Migrant Worker Award 2022

Yovie Wicaksono - 19 December 2022

SR, Lombok – Pemprov Jatim mendapat penghargaan dalam acara Indonesia Migrant Worker Award 2022 dalam rangkaian “migrant day” yang diselenggarakan oleh Kemnaker RI di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Lombok Timur, NTB, Minggu (18/12/2022).¬†

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah ini diterima Kepala Dinas Sosial Jatim, Alwi, mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dua Penghargaan yang diterima meliputi Dinas Provinsi Terbaik dalam memberikan pelayanan  dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia, serta Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Daerah Embarkasi/Debarkasi Pekerja Migran Indonesia Terbaik dalam Layanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Khusus Penghargaan sebagai Dinas Provinsi Terbaik dalam memberikan pelayanan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia merupakan ke 5 kali sejak tahun 2018. Hal ini menunjukan komitmen Pemprov Jatim untuk memberi perlindungan kepada PMI dan keluarganya.

Dalam rangkaian pemberian penghargaan tersebut juga diterimakan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) terbaik diberikan ke Disnakertrans Kabupaten Tulungagung dan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) terbaik kedua yang diberikan kepada PT. Prima Duta Sejati Porong Sidoarjo.

Mayoritas anak di Desa Migran Produktif (Desmigratif) Anjani, Lombok Timur, merupakan anak pekerja migran Indonesia (PMI). Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pun mengajak masyarakat sekitar untuk peduli aspek psikologis anak.

Sebagai informasi, Hari Migran Internasional diperingati setiap 18 Desember. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan dipilihnya NTB sebagai tuan rumah peringatan Hari Migran Internasional, karena NTB merupakan salah satu provinsi kantong PMI.

Untuk tahun ini, peringatan Migrant Day oleh Kementerian Ketenagakerjaan mengusung tema ‘Pekerja Migran Indonesia Bangkit Bekerja, Indonesia Jaya’. Diharapkan PMI mempunyai semangat bangkit pascapandemi untuk bekerja yang akhirnya berdampak pada pemulihan ekonomi negara.

Acara ini dihadiri Calon PMI, PMI purna, keluarga PMI, Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), hingga Perwakilan RI di 12 negara penempatan PMI. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.