Pemkot Surabaya Ajak Masyarakat Ikut Upacara Hari Sumpah Pemuda dengan Memakai Baju Adat

Yovie Wicaksono - 26 October 2023

SR, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 di Taman Surya, Balai Kota Surabaya pada Senin (30/10/2023) mendatang, sejak pukul 07.30 WIB.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengajak masyarakat untuk mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023. Pemkot juga menyediakan doorprize bagi tiga orang peserta upacara yang memakai kostum atau baju adat daerah terbaik.

“Kita akan mengadakan upacara, nantinya juga kita ada kostum daerah. Jadi nanti (peserta upacara) ada tiga kategori yang terbaik dan kita memberikan doorprize,” kata Eri, Rabu (25/10/2023).

Setidaknya, Pemkot Surabaya menyediakan 400 kuota bagi masyarakat umum yang ingin mengikuti upacara tersebut.

Masyarakat yang ingin mengikuti upacara di Balai Kota bisa mendaftarkan diri melalui online di alamat bit.ly/SumpahPemudaSurabaya. Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi.

Meski demikian, para peserta upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda harus mengikuti sejumlah syarat dan ketentuan. Di antaranya, berkomitmen hadir pada tanggal 30 Oktober 2023. Lalu, peserta merupakan asli warga Surabaya atau berdomisili di Kota Pahlawan. Pendaftar yang terpilih nanti akan mendapat e-tiket undangan yang dikirim lewat nomor Whatsapp yang didaftarkan.

Selain menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Eri juga menyatakan berencana akan mengumpulkan seluruh anak-anak muda di Kota Surabaya, termasuk pula Duta Karang Taruna Surabaya yang terpilih sebelumnya.

“InsyaAllah awal November seluruh anak-anak muda yang kita pilih, yang kemarin juga ada Duta Karang Taruna, kita kumpulkan nanti, kita edukasi bahwa pemuda ini yang mengubah bangsa,” ujarnya.

Menurut Eri, tidak akan ada Proklamasi apabila tidak ada peristiwa Rengasdengklok. Maupun demikian, katanya juga tidak akan ada Kemerdekaan, jika tidak ada para pemuda. “Maka dari itu saya mengumpulkan pemuda untuk menyadarkan mereka, bahwa mereka adalah leader (pemimpin) 2045,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Eri juga berencana memberikan pemahaman kepada para pemuda agar mereka tidak antipati terhadap politik. Sebab, katanya para pemuda ini, khususnya generasi z sekarang memiliki peranan yang besar dalam menentukan arah bangsa.

“Jadi InsyaAllah kita kumpulkan semuanya di sana, biar sadar untuk menjadi leader (pemimpin) 2045. Maka jangan anti politik dan ikut ke tempat pemungutan suara, mencoblos sesuai dengan hati masing – masing,” pungkasnya. (ag/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.