Pemerintah Pastikan Kesiapan Pengamanan Nataru

Yovie Wicaksono - 23 December 2019
Menko Polhukam Mahfud MD saat menghadiri Peringatan Hari HAM se Dunia ke 71 Tahun 2019 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Pemerintah telah melakukan rapat koordinasi lintas bidang terkait pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

“Semua sudah disiapkan. Kita sudah rakor lintas bidang,” kata Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Polisi dan TNI telah menyiapkan segala antisipasi. Sementara dari kesiapan fasilitas dan infrastruktur juga telah disiapkan. 

“Penyediaan (bahan bakar) minyak di jalan, sudah (disiapkan). Tempat istirahat, sudah. Semua sudah disiapkanlah,” kata Mahfud. 

Dengan segala persiapan tersebut, Mahfud berharap masyarakat dapat merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan nyaman. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk melaporkan kepada petugas jika menemukan hal atau orang dengan gelagat aneh.

“Ini tentu harus bekerja sama dengan pemerintah agar saling mendukung untuk kebaikan bersama. Kalau ada sesuatu yang agak aneh, supaya segera dilaporkan,” katanya.

Sebelumnya, Mahfud MD bersama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait telah melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019 Dalam Rangka Persiapan Operasi Lilin 2019 pada 13 Desember lalu di Aula STIM Jakarta.

Dalam rakor tersebut, Mahfud MD menyampaikan bahwa pemerintah sudah mengetahui dan mencatat kerawanan-kerawanan di berbagai tempat dan sektor. Pemerintah pun telah mengantisipasi hal tersebut. Namun, langkah-langkah antisipasi tersebut akan menjadi baik dan berhasil dengan adanya partisipasi dari masyarakat.

“Kepada seluruh masyarakat yang akan merayakan Hari Natal dan memeriahkan Tahun Baru, supaya berlaku tertib dan saling menjaga satu sama lain, agar semuanya berjalan aman. Kerjasama antara pemerintah dan rakyat, tentu saja diperlukan untuk menjamin keamanan bersama di negara kita ini,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.