Pemerintah Beri Penghargaan kepada 53 Awak KRI Nanggala 402 yang Gugur

Yovie Wicaksono - 26 April 2021
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pernyataan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/4/2021). Foto : (BPMI Setpres)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang gugur dalam melaksanakan tugas di perairan utara Pulau Bali.

Selain itu, atas dedikasi dan pengabdian 53 prajurit TNI tersebut, negara juga akan memberikan tanda kehormatan berupa Bintang Jalasena kepada para prajurit Hiu Kencana itu.

“Adapun bagi putra dan putri yang ditinggalkan, pemerintah juga akan menjamin pendidikan mereka hingga jenjang pendidikan S-1,” ujar Presiden, Senin (26/4/2021) di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan dukacita mendalam sekaligus memanjatkan doa agar arwah putra-putra terbaik bangsa dan patriot terbaik penjaga kedaulatan negara tersebut mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Pengabdian saudara-saudara akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia. Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan,” ujarnya.

Presiden juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, dan KNKT serta seluruh unsur yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala 402 ini.

Kepala Negara juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas bantuan dari negara-negara sahabat dalam upaya dan kerja keras pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 selama beberapa hari terakhir.

Turut mendampingi Presiden saat menyampaikan pernyataan tersebut yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan. (*/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.