Menjadi Politisi adalah Alat Mencapai Tujuan

Yovie Wicaksono - 3 February 2020
Wamendag Jerry Sambuaga (kanan) bersama Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal (kiri) dalam kegiatan bertajuk Inspiration Day di kota industri Kayseri, Sabtu (1/2/2020) waktu setempat. Foto : (KBRI Ankara)

SR, Turki – Wakil Menteri Perdagangan RI (Wamendag) Jerry Sambuaga, menegaskan bahwa menjadi politisi adalah alat untuk mencapai tujuan, yakni mewujudkan idealisme.

Hal tersebut ditegaskannya saat menjawab pertanyaan seorang peserta dalam kegiatan bertajuk Inspiration Day di kota industri Kayseri, Sabtu (1/2/2020) waktu setempat.

“Menjadi politisi adalah sebuah pilihan, tapi menjadi politisi jangan menjadi tujuan. Jadikan profesi politisi sebagai means. Sebagai alat untuk mewujudkan idealisme,” ujarnya dihadapan 200-an aktivis Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Turki.

Dalam dialog yang dimoderatori oleh Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal tersebut Jerry juga berbagi tips and trick mengatasi kegamangan anak muda dalam menentukan profesi  pasca studi. 

Salah satunya adalah dengan memperluas jaringan sejak muda serta perlunya persistensi dan konsistensi terhadap pilihan profesi. 

Selain itu, dalam kegiatan tersebut Jerry juga menjelaskan bahwa pihaknya akan menyelesaikan target bilateral Indonesia-Turki, yakni Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) pada 2020 ini. 

“Kita kehilangan segmen pasar di Turki lebih dari USD 500 juta karena belum menyelesaikan CEPA. Dengan selesainya CEPA nanti, segmen tersebut dapat kita ambil lagi dan membuka peluang bagi produk lainnya,” ujarnya.

Sekedar informasi,  Jerry berada di Turki atas undangan Duta Besar RI untuk Turki. Direncanakan, Jerry akan bertemu mitranya Wakil Menteri Perdagangan Turki, kalangan bisnis dan sejumlah tokoh politik yang menangani isu ekonomi. 

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut diharapkan Jerry akan melakukan review terhadap hasil Perundingan Ke-4 CEPA yang berlangsung pada 30-31 Januari 2020 lalu dan mencari solusi bersama agar sejumlah elemen perundingan yang belum dicapai kesepakatan dapat segera disepakati. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.