Masker Ramah Bagi Disabilitas

Yovie Wicaksono - 5 May 2020
Masker transparan buatan Yuyun yang diperuntukan khusus bagi tunarungu dan tunawicara. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Yuyun, perempuan penyandang disabilitas asal Kediri membuat masker transparan yang diperuntukan khusus bagi tunarungu dan tunawicara.

Yuyun yang juga ketua dari Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kota Kediri, Jawa Timur ini menjelaskan, selama ini di tengah pandemi viris corona (Covid-19) banyak masker yang beredar dipasaran dengan model sama, yakni mulut tertutup kain yang tidak ramah untuk penyandang disabilitas, khususnya tunarungu dan tunawicara yang berkomunikasi dengan cara melihat mimik atau gerak mulut lawan bicaranya.

“Kami kesulitan ketika pakai masker kain. Susah berkomunikasi,” kata Yuyun, Selasa (5/5/2020).

Maka dengan masker transparan ini, Yuyun berharap apa yang disampaikan oleh seseorang saat berkomunikasi dapat dipahami seutuhnya.

Terkait teknis pembuatannya, sama dengan pembuatan masker kain biasa, hanya saja pada bagian tengah masker dilubangi dan ditutup dengan mika transparan.

Di bagian atas dan bawah juga dibuat sudut sehingga memudahkan untuk bernapas. Yuyun juga membuat beberapa desain untuk memenuhi selera masyarakat dengan merek Abidah Collection.

“Ternyata responnya bagus. Bukan hanya teman-teman saja yang pesan, tapi dari luar kota,” tambah Yuyun.

Sejauh ini, Yuyun dibantu dengan sejumlah penyandang disabilitas lainnya telah memproduksi sebanyak 1.700 masker dan terjual habis. Kini, pihaknya sedang mengerjakan pesanan sejumlah 2.400 masker. Untuk harganya, Yuyun membandrol mulai dari Rp 7.500 sampai Rp 15.000, tergantung desainnya.

Masker transparan ini juga diperkenalkan oleh Yuyun ketika bertemu Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar atau yang akrab disapa Mas Abu pada saat pembagian sembako oleh Si Jamal untuk disabilitas, Jumat (1/5/2020) lalu.

Ia memberikan masker tersebut dan langsung dikenakan oleh Mas Abu yang kemudian dipublikasikan di media sosial. Masker tersebut juga mendapat sambutan bagus dari warganet. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.