Kader Banteng Wonokromo Kawal PPDB SMP

Yovie Wicaksono - 28 May 2021
Kader Banteng Wonokromo Kawal PPDB SMP. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Wonokromo, Surabaya melakukan pendampingan kepada warga di daerah tersebut, terkait prosedur dan persyaratan Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Pertama (PPDB SMP) di Surabaya.

Ketua PAC Wonokromo, Haris Jinggo mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu kesiapan warga sebelum PPDB SMP dimulai pada Juni mendatang.

Perlu diketahui, saat ini proses PPDB SMP di Surabaya sudah memasuki validasi data hingga 2 Juni 2021. Dilanjutkan, uji coba pendaftaran pada 3 – 9 Juni 2021.

“Kegiatan ini kami lakukan atas dasar perintah Partai, agar Pengurus Anak Cabang hingga Anak Ranting membantu warga Surabaya yang mengalami kesulitan mendaftarkan anaknya masuk sekolah,” ujarnya, Jumat (28/5/2021).

Ia menambahkan, pendampingan kali ini difokuskan untuk siswa dan orang tua yang kurang mampu atau berpenghasilan rendah.

“Dalam pendampingan ini, kami fokus hanya mendampingi siswa-siswa yang orangtuanya yang kategori miskin atau berpenghasilan rendah. Dan kami melarang kepada kader-kader untuk melakukan pemungutan uang dalam pendampingan PPDB,” jelasnya.

Sekretaris PAC Wonokromo, Heru Trisaksono menambahkan, pendampingan tidak hanya untuk jenjang SMP, namun juga pada anak-anak yang mau masuk sekolah SD maupun SMA. 

“Dan ternyata susah-susah gampang mendampingi warga untuk ikut PPDB,” kata Heru Trisaksono.

“Apapun kesulitannya dalam pendampingan PPDB SMP, kami sebagai  kader Partai harus tetap mendampingi sampai siswa masuk SMP. Selain itu, kami juga akan mengawal status kependudukan mereka di Surabaya,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari kesekretariatan pendamping PPDB, kesulitan muncul ketika terdapat perbedaan data antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak dengan NIK Kartu Keluarga (KK).  

Pada kasus ini, anak memiliki NIK luar kota sedangkan NIK KK nya sudah Surabaya. Seperti yang dialami oleh beberapa anak yang kebanyakan sejak Sekolah Dasar (SD) telah menetap di Surabaya.

“Ketika NIK anak beda dengan NIK KK, siswa tidak bisa divalidasi oleh sistem. Akhirnya siswa bisa terancam tidak bisa mendaftar,” ucap Trisnawati selaku Koordinator Validasi Siswa.

Sekadar informasi, sekretariat pendampingan PPDB Kecamatan Wonokromo ini berada di Jalan Pulo Wonokromo No.279 B, dibuka mulai 19.00-22.00 WIB. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.